Chat Fake Gagal, Ulama Akan Difitnah Dengan Video Deep Fake (Pemalsuan Tingkat Tinggi)?

 



Selasa, 17 November 2020

Faktakini.net, Jakarta - Masyarakat tentu tak akan lupa, Imam Besar Habib Rizieq Shihab pernah diserang dengan chat fake, chat mesum palsu buatan musuh-musuh Islam demi untuk memfitnah buzzer. 

Namun, kini metode terbaru untuk memfitnah masyarakat termasuk para Ulama dan Habaib telah muncul, yaitu 'Deep fake', yang kini sedang meresahkan Amerika Serikat dan berbagai negara lainnya. Yakni berupa rekayasa video menyerupai seseorang yang dibuat menggunakan artificial intelligence.

Deep fake bisa memperlihatkan video seakan mantan Presiden Barack Obama sedang mengatakan sesuatu kepada rakyat Amerika, dengan gerak bibir yang nyaris sempurna. Padahal, 'orang' dalam video tersebut bukanlah Obama, bukan juga diperankan oleh seseorang yang mirip Obama. 'Orang' dalam video tersebut dibuat menggunakan artificial intelligence.

"Deep fake bisa menjadi sarana baru mengembangkan hoaks dan hate speech. Sehingga bisa membuat kebingungan di masyarakat. Bahkan pada skala yang lebih besar, bisa membuat perpecahan di masyarakat. Antara benar dan salah, antara fakta dan ilusi, menjadi sangat tipis sekali perbedaannya. Saat ini Amerika Serikat dan berbagai negara maju lainnya sedang disibukan dengan deep fake. Tak menutup kemungkinan dalam waktu dekat Indonesia juga menghadapi masalah serupa," ujar Ketua MPR Bambang Soesatyo. 

Bukan mustahil bahkan sangat mungkin para musuh-musuh Islam akan menggunakan metode ini demi untuk memfitnah para Ulama, Habaib dan para Tokoh lainnya. Karena sebelumnya mereka memang sudah melakukannya melalui chat fake. 

Sumber: liputan6.com dan lainnya

Klik video:







0 Response to "Chat Fake Gagal, Ulama Akan Difitnah Dengan Video Deep Fake (Pemalsuan Tingkat Tinggi)? "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel