Langsung ke konten utama

Featured Post

(Video) Seruan Ketua PA 212 Ke TNI - Polri: Ayo Pasang Bendera Merah Putih 30/9 Dan 1/10/2020

Rabu, 30 September 2020
Faktakini.net, Jakarta - Ketua PA 212 Ke TNI - Polri: Ayo Pasang Bendera Merah Putih 30/9 Dan 1/10/2020
Klik video:


Buzzer Gagal Paham, Tatak: Sepeda Hanya Seruas Jalan Dan 3 Jam saja Di Hari Ahad



Selasa, 1 September 2020

Faktakini.net

Tatak Ujiyati

Hanya Seruas Jalan, Hanya 3 Jam saja di Hari Minggu

Tahukah Kamu? Jalan tol yang dimintakan ijinnya oleh Anies Baswedan untuk dipakai oleh pesepeda itu HANYA 1 ruas tol lho. Yaitu jalan Tol Lingkar Dalam, Cawang-Tanjung Priok bagian barat. Itupun HANYA 3 jam pada hari Minggu (06.00-09.00). Tapi bagi yang meributkannya, seolah-oleh yang diminta adalah semua tol untuk setiap waktu 😉.

Yang dimintakan ijin itu hanya satu bagian kecil saja dari seluruh jalan tol yang lewat Jakarta, dan hanya 3 jam di hari minggu.Tidak signifikan. Tak akan ganggu aktivitas transportasi umum.

Kalau mau tahu ada lho negara-negara yang bahkan telah membangun jalan tol khusus untuk pesepeda. Negara-negara itu adalah Denmark, Belanda, China, dan Jerman. Yang memang populasi pengguna sepedanya sangat tinggi. Saya pernah ke Beijing, lahan parkir penuh sepeda. Orang-orang juga ramai menggunakan sepeda sebagai alat transport sehari-hari.

Teman-teman yang pernah ke Belanda, Denmark, dan Jerman pasti punya pengalaman sama ya. Negara-negara itu menghargai para pesepeda.

Sebaliknya di negara kita. Kebijakan publik di negara kita rata-rata masih kurang menghargai pesepeda, kurang memberi fasilitas. Sehingga sepeda tidak menjadi alternatif transportasi harian bagi warga. Makanya tak heran kualitas udara kita buruk. Sering menempati peringkat atas dari negara-negara dengan kualitas udara terburuk di dunia. Memprihatinkan bukan.

Soal sepeda, keberpihakan Mas Anies jelas. Ia ingin mendorong sepeda sebagai alat transportasi utama, sehari-hari, bagi warga Jakarta. Mas Anies telah membuat ratusan km jalur sepeda di Jakarta. Agar pesepeda bisa aman berkendara. Tak hanya bikin kebijakan, Mas Anies mencontohkannya. Ia sering terlihat bersepeda dari rumah ke Balaikota atau ketika inspeksi lapangan.

Alhamdulillah ya, kini makin banyak orang tergerak untuk bersepeda.

Maka permintaan Mas Anies kepada Kementerian PUPR itu bisa kita baca sebagai dukungan pemerintah untuk menggalakkan olah raga dan budaya bersepeda. Permintaan yang tak banyak. Hanya seruas jalan tol dalam kota, untuk 3 jam saja di hari minggu.

Tapi manfaatnya akan besar. Sebab warga akan makin terdorong berolah raga dan mendorong budaya bersepeda. Awalnya hanya sebagai hobi olah raga di hari minggu. Mudah-mudahan, menjadi kebiasaan bersepeda setiap hari. Menjadi alat transportasi utama di Jakarta.

Dampaknya kita sudah tahu semua. Warga akan makin sehat. Udara kota akan makin segar.

Gagasan yang jelas begini, kok ya masih ada yang bilang ngawur.

Tatak Ujiyati
(catatan pagi)

Postingan populer dari blog ini

Kerap Hina Habib Rizieq Dan Anies, Saat Sakit Hingga Meninggal Anies Yang Mengurusnya

Senin, 13 April 2020

Faktakini.net

Hari ini saya harus ucapkan terimaa kasih kepada senior saya abangda Lukman Hakiem yang mantan anggota DPR dan penasihat ahli Wapres Hamzah Haz serta staf perdana menteri M Natsir... Beliau dengan lapang hati meminta bantuan langsung kepada Gubenur DKI Anies Baswedan atas segala kendala selama senior saya AE Priyono di rawat di rumah sakit, mulai dari pemintaan tes swab corona hingga pencarian rumah sakit, hingga proses pemakaman.

''Saya terima kasih kepada Anies Baswedan yang merespons WA saya dengan cepat soal perawatan kepada sahabat saya AE Priyono. Begitu saya WA dan telepon, langsung Anies mengerahkan tenaga medis ke AE Priyono.

Bahkan ketika saya kabari bila AE wafat, Anies langsung respons dengan mengatakan bantuan apalagi yang masih bisa dilakukan? Saya jawab dengan minta agar bantu soal pemakamannya. Anies jawab Okey. Di situ Saya terharu,'' katanya.

Mengapa terharu? Abangda Lukman mengatakan karena dia tahu AE Priyono seri…

Video Langka NBC Tahun 1967: Inilah Orang-Orang PKI Pembunuh Para Jendral!

Sabtu, 26 September 2020

Faktakini.net, Jakarta - Dalam laporan khusus NBC News (media Amerika Serikat) tahun 1967 ini, koresponden Ted Yates meliput perjuangan politik, sosial dan ekonomi Indonesia, satu dari negara Asia Tenggara yang baru saja mengalami upaya kudeta. Film Dokumenter ini merupakan satu bagian dari trilogi yang diproduksi oleh Yates.

Klik video:


Bikin Resah Umat Islam, Penyebar 'Nasi Anjing' Di Bulan Ramadhan Diamankan Polisi

Ahad, 26 April 2020

Faktakini.net, Jakarta - Di tengah kesucian bulan Ramadhan, ada saja ulah yang dilakukan oleh sekelompok orang yang meresahkan umat Islam.

Kelompok tersebut membagikan nasi bungkus yang mereka beri nama "nasi anjing", walaupun kemudian ternyata menurut pengakuan mereka, tidak ada daging anjing dalam menu yang mereka bagikan.

Entah tujuannya untuk mencari sensasi atau bagaimana, ulah mereka jelas meresahkan umat Islam, karena daging anjing diharamkan oleh umat Islam.

Jumhur ulama menghukumi daging anjing haram untuk dimakan, meski disembelih secara syariat.

Alasannya, anjing termasuk dalam binatang bertaring yang keharamannya jelas. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Idris al-Khaulani dari Abi Tha'labah al-Khusyani, "Sesungguhnya Rasulullah SAW melarang memakan setiap binatang buas yang bertaring." (Muttafaq 'Alaih)

Dalam hadis lain, dari Ubaidah bin Sufyan dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Memakan setiap …