Megah! Wajah Baru Taman Ismail Marzuki Sudah Rampung 35 Persen, Terima Kasih Anies



Jum'at, 21 Agustus 2020

Faktakini.net

Megah! Wajah Baru Taman Ismail Marzuki Sudah Rampung 35 Persen

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, menjanjikan Taman Ismail Marzuki (TIM) baru yang revitalisasinya ditargetkan tuntas pada Juni 2021. Setelah selesai semuanya, nantinya diharapkan akan menjadi tempat subur bagi tumbuhnya seniman dan budayawan di Jakarta.

"Rancangannya, termasuk fasilitasnya setara dengan pusat budaya dan kesenian terbaik dunia. Kami ingin agar karya anak bangsa bisa mendunia," kata Anies.

Menurut Anies, TIM layaknya tanah yang siap ditumbuhi oleh bibit-bibit unggul berupa seniman, juga budayawan yang banyak memiliki potensi. Saat ini, Progres pembangunan revitalisasi sudah memasuki minggu ke 55 dan pembangunan sudah mencapai 34,43 %. Selain itu pembangunan gedung parkir sudah mencapai 71,86%.

Sebelum akhirnya diputuskan untuk direvitalisasi, TIM memiliki sejarah yang cukup panjang dalam kancah kesenian di Indonesia. Pada tahun 1968, Dewan Kesenian Jakarta dibentuk sebagai pengurus Taman Ismail Marzuki yang beranggotakan 25 orang seniman. Saat itu, Taman Ismail Marzuki diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin.

Pada 1976, didirikan lembaga pendidikan kesenian Jakarta yang pada tahun 1981 diubah menjadi institut Kesenian Jakarta. Letaknya berada dalam kompleks Taman Ismail Marzuki.

Kemudian pada tahun 1980 hingga 1990,Taman Ismail Marzuki menjadi tempat berlangsungnya eksperimen artistik para seniman Indonesia yang menjadi pembicaraan dimana mana.

Tahun 2007, merupakan awal mula dibentuknya master plane revitalisasi fisik (bangunan) dan non fisik (kelembagaan). Delapan tahun kemudian, telatnya pada tahun 2015, pengelolaan Taman Ismail Marzuki dialihkan kepada Pemprov DKI Jakarta.
Mulai tahun 2019, revitalisasi Taman Ismail Marzuki untuk membangun infrastruktur seni berstandar internasional yang modern dijalankan dan diperkirakan akan rampung pada Juni tahun 2021.

"Tadinya kami upayakan April 2021 bisa 100 persen selesai, namun dengan kondisi saat ini, kami sesuaikan jadi Juni 2021," kata Hanief dalam pemaparannya ke Komisi B DPRD DKI Jakarta di Kantor Jakpro, Tanah Abang, Jakarta Pusat

Di tahun 2020, masjid Amir Hamzah yang telah selesai direvitalisasi diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Oleh Rino Haryadi, Netizen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel