KH Luthfi Bashori: Yang Penting Umat Islam Mau Mengaji



Rabu, 19 Agustus 2020

Faktakini.net

YANG PENTING UMAT ISLAM MAU MENGAJI

Luthfi Bashori

Mengaji ilmu Syariat itu:

1. Bisa dengan cara seorang Syaikh mengajarkan kitab di satu tempat dengan istiqamah, dan para murid mengikuti apa yang diajarkan oleh sang Syaikh sambil belajar membaca dan memahami isi kitab yang dikaji.

2. Mengaji itu bisa juga dengan cara mengadakan semacam Seminar, Bahtsul Masail, Dialog Publik, Pengajian Keliling, termasuk yang didahului dengan pembacaan shalawat, dan acara yang semisalnya.

3. Mengaji itu, bisa dengan cara mengadakan Tabligh Akbar atau Pengajian Umum di depan umat Islam, tanpa batasan kemampuan, usia, status profesi, dan sebagainya.

4. Mengaji itu, juga bisa dicetuskan lewat dunia karya tulis, dunia medsos dan fasilitas media yang berkembang di tengah umat Islam sesuai perkembangan jaman.

Semua bentuk pengajian di atas, tentu mempunyai segmen sendiri-sendiri, dan sangat bermanfaat untuk umat.

Yang terpenting itu, masing-masing dari jamaah pengajian tersebut perlu untuk disinergikan, agar menjadi kekuatan yang maha dahsyat.

Jangan malah dibeda-bedakan, atau dibanding-bandingkan antara satu bentuk pengajian dengan kelompok pengajian yang lain, hanya karena beda metode yang dipilih.

Karena dengan membanding-bandingkan seperti itu, dapat memecah belah persatuan umat Islam, yang saat ini sangat butuh untuk bersatu.

Yang terpenting lagi, bagaimana umat Islam dapat menyerap dan mengamalkan ilmu syariat sesuai dengan ajaran para ulama Salaf Ahlus Sunnah wal Jamaah, yang berdasarkan Alquran, Hadits, Ijma' & Qiyas, lewat berbagai macam bentuk majelis ta'lim.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel