Langsung ke konten utama

Featured Post

Minta Tunda Pilkada, Muhammadiyah: Keselamatan Bangsa Lebih Utama Dari Pilkada

Senin, 21 September 2020

Faktakini.net, Jakarta - PP Muhammadiyah menyarankan agar pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 ditunda. Bagi Muhammadiyah, keselamatan masyarakat jauh lebih utama dibandingkan pelaksanaan Pilkada yang berpotensi menjadi klaster penularan Covid-19.

"Di tengah pandemi Covid-19 dan demi keselamatan bangsa serta menjamin pelaksanaan yang berkualitas, KPU hendaknya mempertimbangkan dengan seksama agar Pilkada 2020 ditunda pelaksanaannya sampai keadaan memungkinkan," kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti dalam konferensi pers virtual, Senin (21/9).

Muhammadiyah, lanjut Mu'ti, mengimbau Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk segera membahas hal itu secara khusus dengan Kementerian Dalam Negeri, DPR, dan instansi terkait. "Agar pelaksanaan Pilkada 2020 dapat ditinjau kembali jadwal pelaksanaannya maupun aturan kampanye yang melibatkan kerumunan massa," tuturnya.

Lebih lanjut, Mu'ti menjelaskan, penundaan Pilkada 202…

DPD FPI Jambi Dan Sayap Juang Rayakan Tahun Baru Islam 1442 H Di Kawasan Sungai Batanghari



Rabu, 19 Agustus 2020

Faktakini.net, Jakarta - DPD FPI Provinsi Jambi beserta seluruh Sayap Juangnya, merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriyah di kawasan sungai Batanghari, hari ini Rabu (19/8/2020).

Kegiatan 'Burdah Bahari di Sungai Batanghari' ini dipimpin langsung oleh Imam Daerah FPI Jambi Habib Taufik bin Idrus Baragbah dan dihadiri oleh para pengurus DPD, Sayap Juang dari Madar LPI, PD MPI dan Makodar BAT Jambi ini dimulai sejak pukul 5 sore dengan titik kumpul di Gentala  Arasy.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah pembacaan burdah, sholat berjamaah dan pembacaan doa Akhir dan awal tahun.

Alhamdulillah seluruh rangkaian acara yang berlangsung diatas perahu motor di Sungai Batanghari ini berlangsung dengan lancar dan penuh berkah.

...

DPD FPI Jambi  Peringati 1 Muharram dengan Menyusuri Sungai Batanghari

*KOTA JAMBI (JAMBI28TV)* Beragam cara dan tradisi umat Islam dalam merayakan tahun baru Hijriah di Indonesia tergolong sangat banyak. Namun demikian, dari tahun ke tahun,  tradisi yang sangat familiar adalah pawai obor dan tabligh akbar. Dua tradisi ini akan banyak ditemui diberbagai sudut setiap Kota di Indonesia. Selain itu, ada juga tradisi do'a bersama yang biasa digelar di mushala dan masjid-masjid baik pada masyarakat perkotaan maupun desa-desa.

Nah, pada perayaan 1 Muharram 1442 Hijriah ini, ada kegiatan yang terbilang sangat unik muncul dari Kota Jambi. Kegiatan itu dilakukan oleh Dewan Pengurus Daerah Ormas Front Pembela Islam (DPD FPI) Provinsi Jambi.


Pada Rabu sore  (19/8) setelah melaksanakan solat asar, puluhan anggota DPD FPI mulai berkumpul di Kelurahan Arab Melayu Seberang Kota Jambi, tepat dikawasan Gentala Arasy. Mereka telah menyewa 2 tongkang (perahu) besar dan 1 skoci kecil untuk melancarkan rencana mereka untuk membaca Shalawat dan Burdah sambil menyusuri sungai Batanghari.

Dengan mengucap Bismillah secara bersama-sama, tepat pukul 5 sore 3 armada sungai tersebut mulai melaju menuju Jembatan Batanghari 1.

Disepanjang perjalanan, para anggota FPI ini secara bergantian tampak membaca shalawat yang diiringi dengan beberapa alat musik untuk memeriahkan tahun baru Islam.
Selama diatas 3 armada sungai tersebut pula, puluhan anggota FPI baik laki-laki maupun perempuan membaca doa akhir tahun dan doa awal tahun.

Selain itu, dengan kapasitas armada yang terbilang besar, mereka juga melaksanakan solat Maghrib diatas sungai.

Setelah menghabiskan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan, rombongan DPD FPI Provinsi Jambi akhirnya kembali ke titik awal yaitu Gentala Arasy dan langsung melaksanakan solat Isya.
Kedatangan mereka sontak mendapat sambutan meriah dari warga Kota Jambi yang asyik nongkrong di bilangan Ancol Kota Jambi tersebut. Beberapa pengendara juga tampak memberhentikan kendaraanya guna melihat aksi pembacaan Shalawat diatas sungai tersebut.

Imam DPD FPI Provinsi Jambi Habib Taufiq Idrus Baraqbah  mengaku jika salah satu pesan moril yang DPD FPI sampaikan adalah rasa syukur dengan segala karunia Allah, terutama dengan adanya Sungai yang terpanjang di Sumatera tersebut.

"Pesan dari perayaan 1 Muharram yang kami lakukan ini adalah bagaimana kita bersyukur kepada alam. Adanya Sungai Batanghari ini juga merupakan anugerah yang sangat besar dari Allah kepada kita semua. Dari sungai inilah kehidupan dimulai, ilmu-ilmu disebar termasuk dakwah Islam. Oleh karena itu kita patut bersyukur dan menjaga baik-baik  sungai ini" Ungkapnya.

Direncanakan, kegiatan pembacaan shalawat diatas sungai ini juga akan digelar secara rutin dan berkala guna syiar Islam dengan balut kearifan lokal Jambi.





Klik video:




Postingan populer dari blog ini

Kerap Hina Habib Rizieq Dan Anies, Saat Sakit Hingga Meninggal Anies Yang Mengurusnya

Senin, 13 April 2020

Faktakini.net

Hari ini saya harus ucapkan terimaa kasih kepada senior saya abangda Lukman Hakiem yang mantan anggota DPR dan penasihat ahli Wapres Hamzah Haz serta staf perdana menteri M Natsir... Beliau dengan lapang hati meminta bantuan langsung kepada Gubenur DKI Anies Baswedan atas segala kendala selama senior saya AE Priyono di rawat di rumah sakit, mulai dari pemintaan tes swab corona hingga pencarian rumah sakit, hingga proses pemakaman.

''Saya terima kasih kepada Anies Baswedan yang merespons WA saya dengan cepat soal perawatan kepada sahabat saya AE Priyono. Begitu saya WA dan telepon, langsung Anies mengerahkan tenaga medis ke AE Priyono.

Bahkan ketika saya kabari bila AE wafat, Anies langsung respons dengan mengatakan bantuan apalagi yang masih bisa dilakukan? Saya jawab dengan minta agar bantu soal pemakamannya. Anies jawab Okey. Di situ Saya terharu,'' katanya.

Mengapa terharu? Abangda Lukman mengatakan karena dia tahu AE Priyono seri…

Bikin Resah Umat Islam, Penyebar 'Nasi Anjing' Di Bulan Ramadhan Diamankan Polisi

Ahad, 26 April 2020

Faktakini.net, Jakarta - Di tengah kesucian bulan Ramadhan, ada saja ulah yang dilakukan oleh sekelompok orang yang meresahkan umat Islam.

Kelompok tersebut membagikan nasi bungkus yang mereka beri nama "nasi anjing", walaupun kemudian ternyata menurut pengakuan mereka, tidak ada daging anjing dalam menu yang mereka bagikan.

Entah tujuannya untuk mencari sensasi atau bagaimana, ulah mereka jelas meresahkan umat Islam, karena daging anjing diharamkan oleh umat Islam.

Jumhur ulama menghukumi daging anjing haram untuk dimakan, meski disembelih secara syariat.

Alasannya, anjing termasuk dalam binatang bertaring yang keharamannya jelas. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Idris al-Khaulani dari Abi Tha'labah al-Khusyani, "Sesungguhnya Rasulullah SAW melarang memakan setiap binatang buas yang bertaring." (Muttafaq 'Alaih)

Dalam hadis lain, dari Ubaidah bin Sufyan dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Memakan setiap …

(Video) Sambil Cium Tangan Habib Umar Assegaf, Asmadi Ketua Satpol PP Minta Maaf

Jum'at, 22 Mei 2020

Faktakini.net, Jakarta - Asmadi, Ketua Satpol PP Kecamatan Dukuh Pakis yang sempat mengkasari Habib Umar bin Abdullah Assegaf, pada malam ini Jum'at (22/5/2020) akhirnya mendatangi kediaman Habib Umar di Bangil, Pasuruan. Kemudian ia mencium tangan sang dzurriyah Rasulullah SAW, lalu memohon maaf.

Begitu lama Asmadi yang merupakan Kepala Satpol PP Kecamatan Dukuh Pakis itu mencium tangan Habib Umar, ia ingin kekhilafan nya dimaafkan, dan alhamdulillah dengan keikhlasan hati yang seluas samudera, Habib Umar pun memaafkan Asmadi.

Asmadi mengaku saat itu ia sedang sangat kecapekan sehingga ia khilaf. Habib Umar kemudian memeluk Asmadi, dan peristiwa ini disambut hangat oleh para jamaah dan tamu yang hadir, yang langsung melantunkan sholawat.

Sebagaimana diketahui Asmadi yang sempat  mendorong dan mengkasari Habib Umar di pos check point Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Exit Tol Satelit pada Rabu (20/5/2020) sore, dikecam luas oleh umat Islam se-Indo…