Langsung ke konten utama

Featured Post

Gatot Nurmantyo: Saya Dicopot Karena Putar Film G 30 S / PKI

Selasa, 22 September 2020

Faktakini.net, Jakarta - Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) periode 2015-2017, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo mengisahkan mengapa ia dicopot dari jabatannya di penghujung 2017. Padahal, ia harusnya masih berkarier di TNI sampai masa pensiun akhir Maret 2018.

Secara tiba-tiba, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot Gatot dengan mengirim surat ke pimpinan DPR agar digantikan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto. Pun mutasi terakhir yang diteken Gatot akhirnya dibatalkan oleh Hadi.

Menurut Gatot, penggantian posisi pucuk pimpinan TNI terjadi lantaran ia bersikukuh menginstruksikan seluruh jajaran TNI untuk memutar atau menonton film Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) pada 2017. Keputusan Gatot kala itu memang mengagetkan banyak pihak.

"Pada saat itu saya punya sahabat dari salah satu partai, saya sebut saja PDIP. 'Pak Gatot hentikan itu, kalau tidak, pasti Pak Gatot akan diganti'. Saya bilang terim…

Diakui Dunia, Begini Strategi Anies Atasi Perubahan Iklim di Jakarta



Ahad, 16 Agustus 2020

Faktakini.net

Diakui Dunia, Begini Strategi Anies Atasi Perubahan Iklim di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dikenal memiliki pergaulan internasional yang luas. Tidak heran jika ide dan gagasannya dipandang masyarakat dunia. Seperti baru-baru ini, tulisannya mengenai perubahan iklim dimuat surat kabar internasional The Strait Times. Menurutnya wacana perubahan iklim sudah menjadi persoalan di hampir seluruh dunia, dimana skala serta dampaknya belum pernah terjadi sebelumnya.

Jakarta merupakan kota yang telah melewati beberapa perubahan iklim dengan sulit. Cuaca ekstrem dan banjir telah menjadi masalah abadi bagi Jakarta selama bertahun-tahun. Musim kemarau yang lebih lama dari biasanya, kualitas udara menurun, perubahan iklim mengancam pasokan pangan, juga kenaikan permukaan laut semakin memburuk keadaan.

“Perubahan iklim juga menimbulkan risiko sosial-ekonomi seperti gangguan pada kegiatan sekolah anak-anak karena banjir. Masalah seperti itu tidak mudah diprediksi, namun yang sangat penting adalah pembangunan jangka panjang dan kesejahteraan rakyat,” tulis Anies (06/08).

Jakarta merupakan salah satu kota terbesar di Asia Tenggara, dengan 10 juta hingga 14 juta penduduk bepergian pada hari kerja biasa. Sebagai ibu kota Indonesia dan penyumbang ekonomi terbesar bangsa, tahun lalu Jakarta berkontribusi menyumbangkan 17 persen dari produk domestik bruto (PDB) nasional.

“Hal ini memberikan harapan besar bagi Jakarta, karena kota-kota lain di Indonesia dan kawasan yang lebih luas memandangnya sebagai pusat kegiatan ekonomi.,” tutur Anies

Dalam hal mengatasi krisis iklim yang belum pernah terjadi sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah memperkenalkan Jakarta Regeneration Plan, serangkaian strategi aksi iklim kolaboratif yang dibangun atas upaya kolektif pemerintah, dunia usaha, organisasi nirlaba, dan masyarakat. Rencana tersebut berupaya untuk mengubah infrastruktur dan kebijakan tata ruang kota yang berkelanjutan, dengan fokus pada sektor transportasi, yang berpotensi menyumbang lebih dari setengah emisi yang merusak iklim di Jakarta.

“Pertama, rencana tersebut bertujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dengan beralih ke pengembangan berorientasi transit (transit oriented development),” ungkapnya.

Yakni dengan bekerjasama dengan operator bus dan kereta api untuk memperluas dan mengintegrasikan semua moda transportasi umum ke dalam sistem Jak Lingko dengan satu tarif.

Hingga saat ini, Anies mengimbuhkan angkutan umum dan bus yang melayani hingga satu juta penumpang setiap hari telah bergabung dalam sistem terintegrasi. Armada angkutan umum dan penumpang pun meningkat dua kali lipat sejak 2017, dan cakupan angkutan umum telah meningkat hingga sekitar 80 persen dari seluruh wilayah Jakarta.

Kedua, Anien melanjutkan akan mengurangi waktu perjalanan dengan menyediakan perumahan vertikal yang lebih terjangkau di dekat pusat kota. Melalui skema Zero Down Payment (DP 0), Anies memberikan insentif kepada pengembang swasta untuk membangun perumahan vertical yang terjangkau.

“Hal ini berpotensi menggeser populasi pemukiman dari pinggiran kota lebih dekat ke pusat kota atau ke simpul transportasi umum, sehingga semakin mengurangi waktu tempuh dan ketergantungan pada kendaraan pribadi,” jelas Anies

Strategi ketiga, masih kata Anies adalah investasi dalam layanan dasar seperti akses ke air bersih dan fasilitas pengelolaan limbah.
Untuk mengurangi ketergantungan pada TPA Bantar Gebang yang sangat besar di Kabupaten Bekasi, Anies akan mengurangi produksi sampah hingga 30 persen dan meningkatkan pengolahan sampah hingga 70 persen pada tahun 2025.

Melalui Gerakan Samtama (Joint Waste Responsibility), Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan pemerintah, dunia usaha, masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya untuk meningkatkan kesadaran akan konsep "reduce, reuse, recycle" dalam mengelola sampah.

Anies menambahkan, rencana Regenerasi Jakarta juga mencakup pengembangan kampung. Pihaknya telah memperkenalkan konsep Perencanaan Aksi Komunitas, dengan fokus pada bagaimana perencanaan dan pelaksanaan komunal dapat mempersiapkan para warga dalam mitigasi perubahan iklim.

“Di Kelurahan Cipete Selatan Jakarta Selatan, misalnya, warga sudah bekerja sama sejak 2012 membangun 17 titik resapan sepanjang 50m di jalan atau di kawasan perumahan. Ini membantu mengurangi banjir tahun ini, dengan sumur resapan terhindar dari banjir yang melanda daerah Cipete sekitarnya,” tutunya.

Hingga saat ini, inisiatif Jakarta untuk perbaikan lingkungan telah menghasilkan bebarapa capaian positif. Polusi udara telah menunjukkan penurunan di level PM2.5, berkurang 21,9 persen sejak 2017. Prestasi ini dengan bangga dirayakan oleh warga Jakarta melalui unggahan media sosial dengan tagar #JakartaLangitBiru yang populer. Upaya kota ini juga disambut oleh pemerintah pusat.

Keberhasilan rencana tersebut bukan melalui upaya tunggal pemerintah Jakarta. Selama dua tahun terakhir, Pemprov DKI telah berkoordinasi dan berkolaborasi dengan pemerintah pusat, akademisi dan organisasi lingkungan seperti C40 Cities, WRI Indonesia, Institute for Transportation and Development Policy, Vital Strategies dan ICLEI - Local Government for Sustainability, dan lainnya.

Bagi Anies, pekerjaan ini masih jauh dari selesai - masih banyak yang harus dilakukan, dan upaya kita harus terus berlanjut. Pemprov Jakarta telah berkomitmen pada Perjanjian Paris untuk menjaga kenaikan suhu global di bawah 2 derajat C di level pra-industri.

“Ini tentu membutuhkan sumber daya dan upaya yang cukup besar, terpadu dan berkelanjutan untuk mewujudkan tujuan Perjanjian Paris di masa mendatang,” ungkapnya.

Perubahan iklim merupakan tantangan eksistensial global yang mempengaruhi seluruh kota, baik itu besar ataupun kecil. Oleh karena itu dibutuhkan kolaborasi dengan banyak pihak. Lebih lanjut, Jakarta dan kota-kota lain di seluruh dunia diminta bekerjasama untuk menghadapi ancaman yang mendesak ini dan membangun lingkungan yang layak huni, berkelanjutan, dan sehat.

“Mari kita bergandengan tangan untuk mencapai target penurunan emisi karbon secara global,” pungkas Anies.

Dimas Anggoro, Netizen.

Postingan populer dari blog ini

Kerap Hina Habib Rizieq Dan Anies, Saat Sakit Hingga Meninggal Anies Yang Mengurusnya

Senin, 13 April 2020

Faktakini.net

Hari ini saya harus ucapkan terimaa kasih kepada senior saya abangda Lukman Hakiem yang mantan anggota DPR dan penasihat ahli Wapres Hamzah Haz serta staf perdana menteri M Natsir... Beliau dengan lapang hati meminta bantuan langsung kepada Gubenur DKI Anies Baswedan atas segala kendala selama senior saya AE Priyono di rawat di rumah sakit, mulai dari pemintaan tes swab corona hingga pencarian rumah sakit, hingga proses pemakaman.

''Saya terima kasih kepada Anies Baswedan yang merespons WA saya dengan cepat soal perawatan kepada sahabat saya AE Priyono. Begitu saya WA dan telepon, langsung Anies mengerahkan tenaga medis ke AE Priyono.

Bahkan ketika saya kabari bila AE wafat, Anies langsung respons dengan mengatakan bantuan apalagi yang masih bisa dilakukan? Saya jawab dengan minta agar bantu soal pemakamannya. Anies jawab Okey. Di situ Saya terharu,'' katanya.

Mengapa terharu? Abangda Lukman mengatakan karena dia tahu AE Priyono seri…

Bikin Resah Umat Islam, Penyebar 'Nasi Anjing' Di Bulan Ramadhan Diamankan Polisi

Ahad, 26 April 2020

Faktakini.net, Jakarta - Di tengah kesucian bulan Ramadhan, ada saja ulah yang dilakukan oleh sekelompok orang yang meresahkan umat Islam.

Kelompok tersebut membagikan nasi bungkus yang mereka beri nama "nasi anjing", walaupun kemudian ternyata menurut pengakuan mereka, tidak ada daging anjing dalam menu yang mereka bagikan.

Entah tujuannya untuk mencari sensasi atau bagaimana, ulah mereka jelas meresahkan umat Islam, karena daging anjing diharamkan oleh umat Islam.

Jumhur ulama menghukumi daging anjing haram untuk dimakan, meski disembelih secara syariat.

Alasannya, anjing termasuk dalam binatang bertaring yang keharamannya jelas. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Idris al-Khaulani dari Abi Tha'labah al-Khusyani, "Sesungguhnya Rasulullah SAW melarang memakan setiap binatang buas yang bertaring." (Muttafaq 'Alaih)

Dalam hadis lain, dari Ubaidah bin Sufyan dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Memakan setiap …

(Video) Sambil Cium Tangan Habib Umar Assegaf, Asmadi Ketua Satpol PP Minta Maaf

Jum'at, 22 Mei 2020

Faktakini.net, Jakarta - Asmadi, Ketua Satpol PP Kecamatan Dukuh Pakis yang sempat mengkasari Habib Umar bin Abdullah Assegaf, pada malam ini Jum'at (22/5/2020) akhirnya mendatangi kediaman Habib Umar di Bangil, Pasuruan. Kemudian ia mencium tangan sang dzurriyah Rasulullah SAW, lalu memohon maaf.

Begitu lama Asmadi yang merupakan Kepala Satpol PP Kecamatan Dukuh Pakis itu mencium tangan Habib Umar, ia ingin kekhilafan nya dimaafkan, dan alhamdulillah dengan keikhlasan hati yang seluas samudera, Habib Umar pun memaafkan Asmadi.

Asmadi mengaku saat itu ia sedang sangat kecapekan sehingga ia khilaf. Habib Umar kemudian memeluk Asmadi, dan peristiwa ini disambut hangat oleh para jamaah dan tamu yang hadir, yang langsung melantunkan sholawat.

Sebagaimana diketahui Asmadi yang sempat  mendorong dan mengkasari Habib Umar di pos check point Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Exit Tol Satelit pada Rabu (20/5/2020) sore, dikecam luas oleh umat Islam se-Indo…