Anies Baswedan Gubernur Pemaaf, Warganet yang Kagum: Terbuat dari Apa Hatimu Pak?



Selasa, 4 Agustus 2020

Faktakini.net, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merupakan sosok pemimpin dengan kelapangan dada yang luar biasa. Ia mencontohkan bagaimana menjadi seorang pemimpin yang sangat mudah memberikan maaf kepada yang zalim kepadanya.

Dalam waktu berdekatan Anies seperti tidak lepas dari yang namanya fitnah. Dirinya pernah pada Januari 2020 lalu menerima undangan dari Warga Tanah Merah  untuk menghadiri syukuran. Di waktu yang sama ada komunitas Lions Club yang membagikan telur disana, dan koordinator komunitas itu meminta Gubernur berfoto menyerahkan bantuan telur kepada warga. Namun apa yang terjadi? Akun-akun sosial media seperti Aoki Vera Kurniawati dan Kanjeng Norman malah memfitnah Gubernur Anies numpang acara bakti sosial Lions, memanfaatkan bantuan telur seolah-olah dari dari Gubernur. Fitnah mereka sangat kejam ketika itu. Warga Tanah Merah pun marah dan mengembalikan bantuan telur kepada Lions. Tapi yang luar biasa Gubernur Anies memaafkan orang yang memfitnahnya, tidak melaporkan apalagi menangkap mereka. Padahal fitnah Aoki dan Kanjeng Norman padanya sangat viral dan menyedot perhatian masyarakat. Sangat keji dan merugikan.

Lalu yang terbaru adalah fitnah dari dari artis Ike Muti yang mengaku bahwa dirinya diminta untuk menghapus foto bersama Presiden Jokowi, jika ingin mendapat peran dalam sebuah proyek film Pemda DKI. Ike pun tak segan melontarkan hujatan dan menyebut akun Instagram @aniesbaswedan baik dalam postingan maupun dalam komentar, yang saat ini sudah Ia hapus karena belakangan terbukti bahwa itu fitnah. Atas tindakan keji sang Artis pun, Anies memilih untuk memaafkannya, dan menganggap semuanya selesai. Ia meminta jajarannya tidak mempermasalahkan. Hal inilah yang membuat publik semakin yakin pada kepemimpinan Anies.

Sebagaimana disebutkan Pengamat Politik dari Universitas Nasional (Unas) Andi Yusran saat mengomentari Pemprov DKI Jakarta yang menerima maaf dari pesinetron Ike Muti atas postingannya di akun Instagram @ikemuti16 yang berisikan fitnah.

"Tipe dan gaya kepemimpinan Anies Baswedan semacam ini memang sesuai dengan masyarakat yang pluralis dan memiliki dinamika yang tinggi, semacam kita saat ini di Indonesia," ujar Andi seperti dilansir RMOLJakarta, Minggu (2/8/2020) lalu.

Maka dari itu, Andi menyebutkan, Jakarta adalah jalan bagi Anies menjalankan kepemimpinan nasional di masa depan.

"Dan sepertinya Anies sedang berusaha melewati itu dengan mengatasi semua problematika ibukota sebagaimana yang dilakukannya saat ini," ungkapnya.

Tidak heran jika politisi Partai Demokrat Taufik Rendusara menyebut Gubernur Anies Baswedan sosok pemimpin yang merajut tenun kebangsaan dan bukan justru merobeknya demi kekuasaan.

"Saya tidak kaget ketika dia (Anies Baswedan), mengajak seluruh ASN DKI yang dipimpinnya untuk memilih memaafkan artis sekuter (selebriti kurang terkenal) yang telah memfitnah Pemprov DKI," kata Taufik, Senin (3/8).

Dengan melihat sosok Anies yang tenang dan pemaaf, Taufik menilai Gubernur DKI Jakarta itu sangat cocok memimpin Indonesia.

"Secara umum untuk negara pluralis yang dasar negaranya mencengkram kuat Bhineka Tunggal Ika, Anies Baswedan salah satu sosok idaman 2024," jelasnya.

Oleh karena itu publik paham bahwa karena sifatnya itulah yang membuat sang Gubernur mampu merangkul semua kalangan, Kelompok, dan golongan. Anies dapat mengakomodasi aspirasi, dan selalu tabah meskipun mendapat caci. Ia jauh dari tipe reaktif sebagaimana banyak pemimpin lainnya yang bereaksi apabila kekuasaan atau kebijakannya mendapat kritik dari masyarakat. Menurut Anies, pengkritik adalah teman berpikir, dan penghujat cukup dimaafkan.

Karena ketabahan Anies Baswedan, bahkan ada warganet yang terkagum-kagum pada kebesaran hati Anies yang penuh maaf.

"Terbuat dari apa hatimu Pak Anies, dihujat, difitnah, dibenci, bahkan dimusuhi, diterima dengan lapang dada dan dijawab dengan prestasi tidak dengan penjara. Semoga Allah selalu melindungi Bapak dan jajarannya. Aamiin," demikian tulis Warganet bernama Daud Kesuma mendoakan sosok Anies yang penuh maaf.

Oleh Narso Agung, Netizen.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel