Langsung ke konten utama

Featured Post

Minta Tunda Pilkada, Muhammadiyah: Keselamatan Bangsa Lebih Utama Dari Pilkada

Senin, 21 September 2020

Faktakini.net, Jakarta - PP Muhammadiyah menyarankan agar pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 ditunda. Bagi Muhammadiyah, keselamatan masyarakat jauh lebih utama dibandingkan pelaksanaan Pilkada yang berpotensi menjadi klaster penularan Covid-19.

"Di tengah pandemi Covid-19 dan demi keselamatan bangsa serta menjamin pelaksanaan yang berkualitas, KPU hendaknya mempertimbangkan dengan seksama agar Pilkada 2020 ditunda pelaksanaannya sampai keadaan memungkinkan," kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti dalam konferensi pers virtual, Senin (21/9).

Muhammadiyah, lanjut Mu'ti, mengimbau Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk segera membahas hal itu secara khusus dengan Kementerian Dalam Negeri, DPR, dan instansi terkait. "Agar pelaksanaan Pilkada 2020 dapat ditinjau kembali jadwal pelaksanaannya maupun aturan kampanye yang melibatkan kerumunan massa," tuturnya.

Lebih lanjut, Mu'ti menjelaskan, penundaan Pilkada 202…

Wahana Antariksa Uni Emirat Arab Berhasil Meluncur Ke Mars, NASA Ucapkan Selamat



Senin, 20 Juli 2020

Faktakini.net, Jakarta -  Negara Uni Emirat Arab (UEA) berhasil meluncurkan pesawat antariksa Hope atau Al-Amal pada hari Ahad (19/7) ke Mars. Misi ini menandakan misi antarplanet pertama di Arab.

Peluncuran misi dari negara berpenduduk mayoritas Muslim ini juga mendahului misi Amerika Serikat dan China yang juga berencana akan meluncur ke Mars.

Pesawat antariksa Al-Amal diluncurkan dari Tanegashima Space Center di Jepang setelah ditunda minggu lalu akibat cuaca yang buruk. Selain meluncur dari Jepang, misi ini menggunakan roket Mitsubishi H-IIA buatan perusahaan Jepang, Mitsubishi.

Al-Amal diperkirakan akan sampai di Mars pada Februari 2021. Pesawat tersebut akan mengorbit di Mars untuk mengumpulkan data atmosfer Mars selama satu tahun atau setara dengan 687 hari di Bumi.

"Merupakan suatu kehormatan untuk menjadi bagian dari upaya global untuk menjelajahi ruang angkasa yang dalam. Hope Probe adalah puncak dari setiap langkah yang diambil manusia sepanjang sejarah untuk menjelajahi kedalaman ruang angkasa  yang tidak diketahui," ujar akun resmi Hope Mars Mission setelah peluncuran lewat Twitter.

Amerika Serikat dan China juga memulai misi Mars lewat misi Perseverance Rover NASA dan Tianwen 1. Kedua diperkirakan akan diluncurkan antara akhir Juli dan awal Agustus, meskipun tanggal pastinya tergantung pada kondisi peluncuran

Ketiga negara ini semuanya meluncurkan pada musim panas ini karena terjadinya jeda dua tahunan ketika Bumi dan Mars saling berdekatan. Hal ini membuat perjalanan akan lebih pendek. Posisi optimal ini hanya terjadi setiap 26 bulan sekali.

NASA Ucapkan Selamat Atas Peluncuran Hope ke MARS

"Saya berharap Anda perjalanan yang sukses dan menantikan ketika kita berdua menjelajahi Mars. Saya tidak sabar untuk bergabung dengan Anda dalam perjalanan," ujar NASA lewat akun resmi Perseverance.

Dilansir dari CNN, Al-Amal merupakan langkah terkini dan yang paling ambisius dari Uni Emirat Arab untuk mendorong perkembangan sektor luar angkasa.

Uni Emirat Arab sebelumnya telah meluncurkan satelit buatan Korea Selatan pada 2009 dan 2013. UEA baru mendirikan badan antariksa pada 2014 dan telah menetapkan berbagai target ambisius.

Salah satu target ambisiusnya adalah membuat koloni di Mars pada tahun 2117.

Al-Amal dianggap sebuah  prestasi yang mengesankan bagi UEA. Sebagian besar misi Mars membutuhkan waktu pengembangan antara 10 hingga 12 tahun. Para ilmuwan UEA hanya membutuhkan enam tahun untuk melaksanakan proyek tersebut.

Untuk membangun pesawat ruang angkasa, mereka bermitra dengan tim AS di Laboratorium University of Colorado Boulder's untuk Fisika Atmosfer dan Antariksa.

Untuk tujuan sains baru dalam misi Hope, mereka berkonsultasi dengan Mars Analysis Program Analysis Group (MEPAG), sebuah forum yang dibuat oleh NASA untuk merencanakan eksplorasi Mars.

UEA memutuskan untuk menggunakan Hope untuk membangun gambaran penuh pertama dari iklim Mars sepanjang tahun Mars.

Dilansir dari CNET, sebelumnya cuaca di Jepang memaksa tim untuk menunda dua kali. Tak hanya itu, pandemi Covid-19 juga turut mengancam peluncuran misi.

Foto: In this photo released by MHI, an H-IIA rocket with United Arab Emirates' Mars orbiter Hope lifts off from Tanegashima Space Center in Kagoshima, southern Japan Monday, July 20, 2020. A United Arab Emirates spacecraft rocketed away Monday on a seven-month journey to Mars, kicking off the Arab world’s first interplanetary mission. (MHI via AP)

Sumber: cnnindonesia.com

Postingan populer dari blog ini

Kerap Hina Habib Rizieq Dan Anies, Saat Sakit Hingga Meninggal Anies Yang Mengurusnya

Senin, 13 April 2020

Faktakini.net

Hari ini saya harus ucapkan terimaa kasih kepada senior saya abangda Lukman Hakiem yang mantan anggota DPR dan penasihat ahli Wapres Hamzah Haz serta staf perdana menteri M Natsir... Beliau dengan lapang hati meminta bantuan langsung kepada Gubenur DKI Anies Baswedan atas segala kendala selama senior saya AE Priyono di rawat di rumah sakit, mulai dari pemintaan tes swab corona hingga pencarian rumah sakit, hingga proses pemakaman.

''Saya terima kasih kepada Anies Baswedan yang merespons WA saya dengan cepat soal perawatan kepada sahabat saya AE Priyono. Begitu saya WA dan telepon, langsung Anies mengerahkan tenaga medis ke AE Priyono.

Bahkan ketika saya kabari bila AE wafat, Anies langsung respons dengan mengatakan bantuan apalagi yang masih bisa dilakukan? Saya jawab dengan minta agar bantu soal pemakamannya. Anies jawab Okey. Di situ Saya terharu,'' katanya.

Mengapa terharu? Abangda Lukman mengatakan karena dia tahu AE Priyono seri…

Bikin Resah Umat Islam, Penyebar 'Nasi Anjing' Di Bulan Ramadhan Diamankan Polisi

Ahad, 26 April 2020

Faktakini.net, Jakarta - Di tengah kesucian bulan Ramadhan, ada saja ulah yang dilakukan oleh sekelompok orang yang meresahkan umat Islam.

Kelompok tersebut membagikan nasi bungkus yang mereka beri nama "nasi anjing", walaupun kemudian ternyata menurut pengakuan mereka, tidak ada daging anjing dalam menu yang mereka bagikan.

Entah tujuannya untuk mencari sensasi atau bagaimana, ulah mereka jelas meresahkan umat Islam, karena daging anjing diharamkan oleh umat Islam.

Jumhur ulama menghukumi daging anjing haram untuk dimakan, meski disembelih secara syariat.

Alasannya, anjing termasuk dalam binatang bertaring yang keharamannya jelas. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Idris al-Khaulani dari Abi Tha'labah al-Khusyani, "Sesungguhnya Rasulullah SAW melarang memakan setiap binatang buas yang bertaring." (Muttafaq 'Alaih)

Dalam hadis lain, dari Ubaidah bin Sufyan dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Memakan setiap …

(Video) Sambil Cium Tangan Habib Umar Assegaf, Asmadi Ketua Satpol PP Minta Maaf

Jum'at, 22 Mei 2020

Faktakini.net, Jakarta - Asmadi, Ketua Satpol PP Kecamatan Dukuh Pakis yang sempat mengkasari Habib Umar bin Abdullah Assegaf, pada malam ini Jum'at (22/5/2020) akhirnya mendatangi kediaman Habib Umar di Bangil, Pasuruan. Kemudian ia mencium tangan sang dzurriyah Rasulullah SAW, lalu memohon maaf.

Begitu lama Asmadi yang merupakan Kepala Satpol PP Kecamatan Dukuh Pakis itu mencium tangan Habib Umar, ia ingin kekhilafan nya dimaafkan, dan alhamdulillah dengan keikhlasan hati yang seluas samudera, Habib Umar pun memaafkan Asmadi.

Asmadi mengaku saat itu ia sedang sangat kecapekan sehingga ia khilaf. Habib Umar kemudian memeluk Asmadi, dan peristiwa ini disambut hangat oleh para jamaah dan tamu yang hadir, yang langsung melantunkan sholawat.

Sebagaimana diketahui Asmadi yang sempat  mendorong dan mengkasari Habib Umar di pos check point Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Exit Tol Satelit pada Rabu (20/5/2020) sore, dikecam luas oleh umat Islam se-Indo…