(Video) Yunani Protes Soal Hagia Sophia, Padahal Disana Masjid Dijadikan Bioskop Dan Bar



Sabtu, 25 Juli 2020

Faktakini.net, Jakarta - Di Istanbul, di mana Hagia Sophia berada yang kini dikembalikan fungsinya sebagai masjid, terdapat 123 gereja yang masih aktif berfungsi dari berbagai denominasi Kristen, seperti Kristen Anglikan, Kristen Orthodoks Yunani, Kristen Orthodoks Armenia, Kristen Orthodoks Syriac, Kristen Orthodoks Bulgaria, Kristen Katholik, Kristen Evangelis dan dari denominasi-denominasi lainnya.

Gereja ada yang masih eksis bertahan dari era Bizantium dan ada pula yang baru didirikan dengan izin dari pemerintah Turki. Itu baru di Istanbul, belum lagi di kota-kota Turki lainnya.

Bandingkan dengan Athena yang hingga detik ini belum ada SATU PUN masjid resmi yang diakui pemerintah untuk beribadah umat Islam. Bangunan masjid resmi sebenarnya sudah ada.

Pembangunannya dimulai dibangun pada tahun 2007 dan telah selesai dibangun 12 tahun kemudian pada tahun 2019, setelah mendapatkan penentangan sengit dari Gereja Orthodoks Yunani.

Masjid didirikan dengan syarat tidak boleh memiliki menara dan kubah.

Peresmiannya yang seharusnya dilakukan tahun ini, ditunda lagi dengan alasan adanya wabah Covid-19. Sementara itu masjid-masjid dari peninggalan Utsmani baik itu di Athena ataupun kota-kota lainnya di Yunani tidak bisa lagi digunakan karena diubah menjadi bioskop, museum, kafe dan bar.

Yunani punya cermin?

Sumber: TRT World

Klik video:


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel