Resmikan Masjid Amir Hamzah, Gubernur Anies: Bisa Menjadi Pusat Ide dan Karya



Sabtu, 4 Juli 2020

Faktakini.net, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Masjid Amir Hamzah di kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM) yang telah rampung direvitalisasi.

Usai sholat Jumat prasasti ditandatangani Gubernur disaksikan langsung oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Pusat HM. Jusuf Kalla, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, DMI DKI K.H Ma'mun Al Ayyubi, Direktur Utama Jakpro selaku pengembang Dwi Wahyu Daryoto, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Amir Hamzah Eko Wahyu Wibowo, keluarga ahli waris H. Ismail Marzuki dan sejumlah jamaah yang hadir (03/7/2020).

Dalam sambutannya Anies bersyukur karena pembangunan Revitalisasi masjid yang dibangun di komplek para seniman tersebut dapat selesai sesuai dengan target waktu yang direncanakan, meskipun di tengah pandemi Covid-19.

 "Alhamdulillah di hari yang mulia hari Jumat, kita memulai pemanfaatan gedung yang sudah selesai dikerjakan oleh Jakpro selama satu tahun terakhir ini. Meskipun kemarin sempat ada pandemi Covid-19 tapi Alhamdulillah jadwal tidak bergeser” Ujar Anies.

Anies berharap bangunan Masjid bukan saja secara fisik tampak bagus, tapi dapat dimanfaatkan tapi menjadi tempat yang nyaman untuk ide gagasan berkembang.

"Apalagi ini sebuah masjid Insya Allah nantinya dapat keduanya, disini juga tempat kegiatan ibadah mahdoh, tetapi juga selain ini juga suatu tempat dimana para seniman, para budayawan dan masyarakat dari berbagai tempat di Indonesia, bisa merasakan suasana yg kreatif yang ada di tempat ini," katanya.

Senada dengan Anies, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) dalam sambutannya pada peresmian tersebut juga berharap masjid Amir Hamzah kelak tidak hanya menjadi tempat beribadah sholat dan mengaji namun juga sebagai wadah bagi masyarakat untuk mengurusi kehidupan kesehariannya.

“ Masjid itu bukan hanya tempat kita sholat dan mengaji tapi bagaimana bisa masjid itu juga memberikan kemakmuran kepada masyarakat. Jadi harus memberi urusan duniawi juga kepada masyarakatnya, karena doa kita setiap habis sholat selalu meminta kebaikan dunia dan akhirat” ujarnya.

Masjid Amir Hamzah yang diresmikan oleh Anies merupakan revitalisasi masjid yang dibangun pada era Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin 43 tahun silam.

Masjid yang mengambil nama sastarwan besar Indonesia ini mulai direvitalisasi pada era Anies dengan konsep futuristik, clean dan modern dan memiliki daya tampung sebanyak 250 jemaah dengan luas masjid beserta plaza shalat mencapai 800 meter persegi.

Lokasi masjid ini dipindahkan ke bagian komplek TIM, berdekatan dengan pintu masuk utama antara Gedung Teater Jakarta, Graha Bakti Budaya dan Kampus Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel