Memakai Protokol Covid 19, HILMI FPI Sumbar Gelar Khitanan Gratis Di Padang


Rabu, 8 Juli 2020

Faktakini.net, Jakarta - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Sumatera Barat telah melaksanakan kegiatan sosial berupa khitanan gratis. Adapun tempat pelaksanaan Khitanan gratis ini berlokasi di kompleks Masjid Raya Ganting Kotamadya Padang. Masjid Ganting merupakan salah satu Masjid tertua di Padang.

Pelaksanaan kegiatan khitanan tersebut dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan COVID-19 yakni menerapkan social distancing. Khitanan gratis ini diperuntukkan khususnya bagi anak-anak yatim piatu serta warga yang kurang mampu.

Proses pelaksanaan khitanan diawali dengan mematuhi himbauan seperti menggunakan masker teruntuk peserta khitan serta orang tua atau orang yang mengantar, mencuci tangan dan berwudhu pun dijadikan standar peraturan oleh pihak panitia pelaksana sebelum memasuki area lokasi khitanan. Kegiatan khitanan gratis ini dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2020, proses keseluruhan kegiatan berlangsung selama lebih kurang 5 jam.

Usia anak-anak yang dikhitan berkisar antara 8 tahun hingga 14 tahun. Ada dua orang perserta yang merupakan anak autis berusia 14 tahun, yakni Aditia Warman dan Nabil Dhiahul Haq Ghalib.

Sebelumnya kedua anak autis ini sudah ditolak dikhitan di Puskesmas dan Rumah Sakit Swasta. Alhamdulillah dengan dilakukannya kegiatan Khitanan Gratis ini akhirnya ke-2 orang anak tersebut dapat ikut pula dikhitan. Jumlah keseluruhan peserta khitan berjumlah 60 orang anak.

Nabil (14 Tahun) salah satu Peserta khitanan massal gratis yang diselenggarakan HILMI FPI Sumbar, Anak-anak peserta khitanan gratis ini mayoritas berasal dari Kecamatan Padang Selatan dan padang timur, meskipun adapula yang datang dari Kecamatan Koto Tangah dan Kecamatan lainnya.

Jumlah Tim Medis yang terlibat pelaksanaan Khitanan Gratis ini berjumlah 30 orang tim medis dibantu oleh 20 orang Laskar FPI. Terdapat pula diantaranya 2 orang Tim Medis non muslim.

Pelaksanaan kegiatan Khitanan Gratis ini terselenggara atas kerjasama antara Hilal Merah Indonesia (HILMI) Front Pembela Islam (FPI) Sumatera Barat beserta Alim Ulama Sumatera Barat. Kegiatan khitanan gratis ini telah dimulai sejak bulan Maret tahun 2018, dan sekitar 1260-an anak telah dikhitan secara gratis dan kegiatan tersebut terus dilanjutkan hingga saat ini.

Kegiatan khitanan gratis ini merupakan salah satu program rutin Hilal Merah Indonesia (HILMI) Front Pembela Islam (FPI) Sumatera Barat dan langsung dibawah pengawasan Ahli Bedah Urologi Dr.dr. Etriyel MYH,Sp.U (Spesialis Bedah saluran Kemih) dan dipimpin langsung oleh Ketua HILMI FPI Sumatera Barat.

Alhamdulillah selama proses pelaksanaan khitanan gratis dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana dan tidak ada hambatan yang mengganggu jalannya proses khitanan gratis tersebut.

Sumber: Ketua HILMI FPI Sumatera Barat, HILMI FPI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel