Langsung ke konten utama

Featured Post

Ucapan Terima Kasih Pak Parlin Kepada FPI Dan PA 212 Atas Bantuan Sembako Di Cicurug Sukabumi

Selasa, 29 September 2020

Faktakini.net, Jakarta - Imam Besar Habib Rizieq Shihab selalu berpesan agar dalam memberikan bantuan kemanusiaan bantuan dimanapun tempat lokasi bencana, untuk tidak pernah membeda-bedakan Suku, Agama maupun latar belakang dari orang yang mau kita bantu.

"Bantu semua korban tanpa memandang suku dan agama. Jangan sekali-kali menganggap musibah yang menimpa saudara kita sebagai beban bagi kita, tapi itu adalah kewajiban kemanusiaan", pesan Habib Rizieq.

"Semua masyarakat siapapun dia yang mendapat musibah wajib kita bantu tanpa memandang suku, budaya, adat bahkan agama sekalipun, semua harus dibantu," tegasnya.

Karena itu umat Kristen, Katolik, Budha, Hindhu dan lainnya semuanya tetap ditolong dengan sebaik mungkin oleh para Relawan FPI dan PA 212 termasuk saat menolong para korban bencana banjir bandang yang terjadi pada hari Senin (21/9/2020) di kawasan Cibuntu di Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Pak Par…

Kronologis Penyebar Awal "Klepon Tidak Islami", Ternyata Si 4 L Pelakunya!



Kamis, 23 Juli 2020

Faktakini.net

*KRONOLOGIS DIGITAL KLEPON*
*LO LAGI LO LAGI (4L)*
Oleh _Alhadi Muhammad_

Sebelumnya saya membuat tulisan Klepon, dengan fokus pada nama Abu Ikhwan Aziz, dan ternyata tokoh tersebut fiktif. Tadinya saya kira sudah cukup, ternyata kok serasa gak tuntas gimana asal usul klepon yang viral tersebut. Mungkin belum bisa disebut Digital Forensic, jadi saya sebut Kronologis Digital Klepon. Tulisan ini isinya hanya verifikasi informasi yang beredar, untuk memastikan benar atau tidak. Dan dikembangkan siapanya.

Dimulai dari akun @VostokMerah, menjelaskan bahwa asal muasalnya dari situs suaraislam.co (nanti ada penjelasan situs ini), di published atau di posting jam 02.35 tanggal 21 Juli 2020, lalu di update jam 12.34 tanggal 21 Juli 2020. Saya punya keyakinan, akun VostokMerah jeli dengan menyimpan di Internet Archive. Di periksa ke Way Back Machine Internet Machine dengan alamat https://web.archive.org/web/20200721044123/https://www.suaraislam.co/astaghfirullah-kelompok-ini-sebut-kue-klepon-tidak-islami-lebih-baik-ditinggalkan/ dan didapat perubahan judul menjadi https://www.suaraislam.co/astaghfirullah-kelompok-ini-sebut-kue-klepon-tidak-islami-harus-dijauhi/ inilah yang dimaksud di update bisa dilihat di https://web.archive.org/web/20200721041736/https://www.suaraislam.co/astaghfirullah-kelompok-ini-sebut-kue-klepon-tidak-islami-harus-dijauhi/. Jika dibuka situs suaraislam.co bersumber dari Islah Bahrawi (Sumber: https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10217060738245414&set=p.10217060738245414&type=3).

Lalu kita buka akun Islah Bahrawi diatas, ternyata beliau menulis jam 07.52 tanggal 21 Juli 2020. Ini artinya Islah Bahrawi bukanlah orang yang pertama, seperti yang dituduhkan suaraislam.co. Karena hasil rekaman Internet Archive suaraislam.co sudah memposting jam 04.17 pagi. Setelah itu meime "Klepon Tidak Islami" sporadis menyebar kemana-mana dan menjadi viral.

Kesimpulan: Berdasarkan tracking diatas, suaraislam.co kandidat pertama yang menyebarkan meime "Klepon Tidak Islami" lalu disambut akun influencer dan buzzer, sehingga menjadi viral. Sambutan akun Islah Bahrawi dengan membuat tulisan Klepon dimanfaatkan suaraislam.co merubah content situsnya siang hari, lalu mencantumkan sumbernya dari akun Islah Bahrawi, padahal sumber awalnya dari suaraislam.co. Ini seperti lempar batu sembunyi tangan, dan maling teriak maling. Apakah Islah Bahrawi ada kaitannya dengan suaraislam.co? saya tidak mau menelusuri. Cuman jika tidak ada kaitannya, selamat anda sudah dimanfaatkan suaraislam.co menjadi trigger adu domba sesama umat Islam.

Tahun lalu suaraislam.co pernah kita kupas siapa dibaliknya. Kita kupas lagi, jika kita membuka source code web tersebut didapat ca-pub-8907751453936146. Kode ini milik Google Adsense untuk mendulang cuan dari iklan Google. Pemilik code ini pastilah owner atau paling tidak mewakili situs tersebut. Jika kita telusuri code adsense ca-pub-8907751453936146 mengacu ke email amadji@yahoo.com. Sekarang buka Google Search dan masukkan email tersebut, didapat akun twitter sebagai berikut (screenshoot) https://twitter.com/alexmadji. Siapakah Alexander Madji, dia mantan wartawan Suara Pembaruan dan NON MUSLIM.

Kesimpulan menariknya, suaraislam.co yang pemiliknya non muslim mengangkat hoax/fitnah tentang Klepon. Lalu umpan tersebut digoreng Islah Bahrawi dengan literasi berbau Islami dalam beberapa sudut sampai-sampai bawa Sayid Qutub. Entah terlalu gesit atau anti banget dengan issue keIslaman, makanan kotor dari suaraislam.co dikunyah oleh Islah Bahrawi (saya menyertakan Islah karena suaraislam.co menyatakan sumbernya dari Islah Bahrawi). Dan target adu domba sesama umat Islam oleh suaraislam.co tercapai. Inikah yang diinginkan? Inikah yang ingin selalu dipelihara? Semoga tulisan ini bisa memberikan gambaran, tidak semua informasi miring, sumbernya asli. False Flag tercapai, dan umat Islam ditertawakan oleh pemilik situs tersebut.

Buat SuaraIslam.co atau Alexander Madji, jika anda mampu membantah tulisan diatas silahkan. Gunakan kapasitas, bukan bualan atau fitnahan. Jika anda membantah meime Klepon tersebut bukan dari anda, maka anda punya kewajiban menyebutkan darimana meime tersebut anda dapatkan, sebagai jurnalis/wartawan tentu faham etik jurnalistik.

Postingan populer dari blog ini

Kerap Hina Habib Rizieq Dan Anies, Saat Sakit Hingga Meninggal Anies Yang Mengurusnya

Senin, 13 April 2020

Faktakini.net

Hari ini saya harus ucapkan terimaa kasih kepada senior saya abangda Lukman Hakiem yang mantan anggota DPR dan penasihat ahli Wapres Hamzah Haz serta staf perdana menteri M Natsir... Beliau dengan lapang hati meminta bantuan langsung kepada Gubenur DKI Anies Baswedan atas segala kendala selama senior saya AE Priyono di rawat di rumah sakit, mulai dari pemintaan tes swab corona hingga pencarian rumah sakit, hingga proses pemakaman.

''Saya terima kasih kepada Anies Baswedan yang merespons WA saya dengan cepat soal perawatan kepada sahabat saya AE Priyono. Begitu saya WA dan telepon, langsung Anies mengerahkan tenaga medis ke AE Priyono.

Bahkan ketika saya kabari bila AE wafat, Anies langsung respons dengan mengatakan bantuan apalagi yang masih bisa dilakukan? Saya jawab dengan minta agar bantu soal pemakamannya. Anies jawab Okey. Di situ Saya terharu,'' katanya.

Mengapa terharu? Abangda Lukman mengatakan karena dia tahu AE Priyono seri…

Video Langka NBC Tahun 1967: Inilah Orang-Orang PKI Pembunuh Para Jendral!

Sabtu, 26 September 2020

Faktakini.net, Jakarta - Dalam laporan khusus NBC News (media Amerika Serikat) tahun 1967 ini, koresponden Ted Yates meliput perjuangan politik, sosial dan ekonomi Indonesia, satu dari negara Asia Tenggara yang baru saja mengalami upaya kudeta. Film Dokumenter ini merupakan satu bagian dari trilogi yang diproduksi oleh Yates.

Klik video:


Bikin Resah Umat Islam, Penyebar 'Nasi Anjing' Di Bulan Ramadhan Diamankan Polisi

Ahad, 26 April 2020

Faktakini.net, Jakarta - Di tengah kesucian bulan Ramadhan, ada saja ulah yang dilakukan oleh sekelompok orang yang meresahkan umat Islam.

Kelompok tersebut membagikan nasi bungkus yang mereka beri nama "nasi anjing", walaupun kemudian ternyata menurut pengakuan mereka, tidak ada daging anjing dalam menu yang mereka bagikan.

Entah tujuannya untuk mencari sensasi atau bagaimana, ulah mereka jelas meresahkan umat Islam, karena daging anjing diharamkan oleh umat Islam.

Jumhur ulama menghukumi daging anjing haram untuk dimakan, meski disembelih secara syariat.

Alasannya, anjing termasuk dalam binatang bertaring yang keharamannya jelas. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Idris al-Khaulani dari Abi Tha'labah al-Khusyani, "Sesungguhnya Rasulullah SAW melarang memakan setiap binatang buas yang bertaring." (Muttafaq 'Alaih)

Dalam hadis lain, dari Ubaidah bin Sufyan dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Memakan setiap …