Selamatkan Rohingya, Nelayan Aceh Tuai Pujian Internasional: 'Kemanusiaan Terbaik'


Ahad, 28 Juni 2020

Faktakini.net, Jakarta - Sikap nelayan Aceh menuai pujian dari warganet dan dunia internasional. Media Al Jazeera yang bermarkas di Qatar bahkan menyebut perilaku nelayan Aceh sebagai “kemanusiaan terbaik.”

Sementara, dalam keterangan tertulisnya, Direktur Eksekutif organisasi Amnesty International Indonesia, Usman Hamid mengatakan kabar dari Aceh sangat melegakan dan menunjukkan betapa masyarakat setempat sangat menjunjung tinggi nilai solidaritas.

“Mereka juga sangat menghormati hak asasi pengungsi Rohingya yang selama ini terabaikan,” kata Usman seperti dikutip dari situs Amnesty Internasional Indonesia pada (26/6/2020).

Tetapi, upaya untuk melindungi para pengungsi Rohingya tidak terhenti sampai di situ. Pemerintah pusat, kata Usman, seharusnya juga mendukung apa yang telah diinisiasi oleh nelayan Aceh.

“Setelah melalui perjalanan laut yang berbahaya dengan kondisi kelaparan, mereka butuh tempat untuk berlindung. Pandemik COVID-19 seharusnya menjadi faktor pendorong bagi otoritas Indonesia untuk menyediakan kebutuhan dasar bagi pengungsi seperti makanan, layanan kesehatan dan tempat tinggal sementara,” ujarnya lagi.

Ia mewanti-wanti etnis Rohingya adalah kelompok rentan yang justru diperlakukan secara sadis oleh otoritas di negaranya yakni Myanmar.

Sementara, melalui keterangan tertulis, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan para pengungsi etnis Rohingya sudah ditampung di bekas kantor imigrasi Lhoksemauwe, Aceh.

Fokus utama Pemerintah Indonesia kini yaitu pemenuhan kebutuhan dasar, pemberian tempat penampungan sementara dan pelayanan kesehatan.

“Hal-hal tersebut dilakukan dengan memastikan berlakunya protokol kesehatan guna mencegah virus COVID-19 di kalangan migran etnis Rohingya,” kata Retno di situs resmi Kemenlu pada Jumat (26/6/2020). Pemerintah pusat dan pemda bekerja sama dengan organisasi PBB untuk pengungsi UNHCR serta IOM segera melakukan upaya penanganan lebih lanjut. Otoritas Indonesia juga tengah menyelidiki kemungkinan adanya unsur penyelundupan.

Umat Islam Aceh termasuk DPD FPI Aceh dan jajarannya sejak dulu memang selalu peduli dan membantu warga muslim Rohingya. FPI Aceh rutin memberikan bantuan untuk para pengungsi Muslim Rohingya termasuk saat ini dengan memberikan bantuan makanan, pakaian layak pakai dan lainnya.

Dokumentasi berita tentang simpati, dukungan dan bantuan FPI untuk rakyat Muslim Rohingya, serta berita terkait Rohingya lainnya silahkan buka website Faktakini di Label Berita: *FPI Cinta Muslim Rohingya*
Silahkan klik dan share 👇🏼

https://www.faktakini.net/search/label/FPI%20Cinta%20Muslim%20Rohingya?m=1

Sumber: faktaislami.id dan lainnya







Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel