HILMI - FPI Sukabumi Tanam Benih Jagung Dan Sedekahkan Untuk Rakyat



Selasa, 30 Juni 2020

Faktakini.net, Jakarta - Pangan adalah hal yang sangat penting bagi manusia, lalu bagaimana jika ketersediaan pangan semakin terbatas dibarengi dengan harga yang tidak menentu? Bagi masyarakat tertentu kemampuan daya beli semakin menurun, bagaimana bila hal itu semakin meluas di masyarakat ditambah dengan adanya pandemi COVID-19 ?

Dimulai pada bulan maret 2020 DPW HILMI Kabupaten Sukabumi bersama DPC FPI Kebonpedes, Kab Sukabumi memulai kegiatan penanaman benih jagung sebagai upaya membantu perekonomian warga ditengah pandemi corona khususnya serta ketergantungan pembelian. Benih jagung yang diberikan itu ditanam diberikan kepada warga yang kemudian ditanam disektiar rumahnya.

Menurut Ketua HILMI FPI Kabupaten Sukabumi, “Kita mempunyai potensi tanah yang begitu subur dan banyak tanah terbengkalai, maka dari itu kita coba manfaatkan dengan memberikan benih jagung kepada warga untuk ditanam,” Jelasnya.

Prambudi juga melanjutkan, “Benih jagung yang ditanam tersebut ditujukan untuk para warga sekitar yang layak untuk dibantu. Menanam adalah keberkahan yang hampir dilupakan. Penyediaan pangan hari ini berorientasi kepada ekonomi semata, sehingga melupakan pentingnya yang dapat digunakan untuk kebutuhan konsumsi harian,“

Hampir selama 2,5 bulan lamanya, benih jagung yang ditanam oleh warga akhirnya menuaikan hasil. Sekitar 400 Kg-an jagung yang ditanam itupun kemudian disedekahkan oleh warga kepada kaum dhu’afa, janda, anak yatim serta orang-orang yang layak mendapatkannya. Selama 4 hari sejak 23 Juni – 27 Juni 2020 proses penyedekahan jagung yang ditanam ini berlangsung.

Prambudi juga menilai bahwa menanam di tengah kondisi seperti sekarang ini menjadi salah satu solusi bagi masyarakat menanamkan warga kabupaten sukabumi, “Pembagian benih jagung ini di harapkan membantu masyarkat mengurangi ketergantungan pembelian. In Sya Allah menanam menghadirkan keberkahan yang kemudian memanen sedekah, karna sebagian dari hasil tanaman tersebut dapat dibagikan kepada yang sangat membutuhkan,” kata Ketua HILMI FPI Kabupaten Sukabumi.

Selain membagikan jagung yang telah di panen, HILMI FPI Kabupaten Sukabumi dan DPC FPI Kebonpedes juga menyedekahkan alat pertanian seperti cangkul yang diberikan secara simbolis kepada salah satu warga Kp Gunung Batu, Desa kebonpedes, Kec. Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi – Jawa Barat. Mereka juga menanam sendiri benih jagung yang kemudian dibagikan kepada warga yang berhak mendapatkannya.

“Dengan menanam, kita juga memakmurkan bumi atau tanah yang telah di anugrahkan kepada kita, karna ‘Setiap jengkal adalah anugrah dan amanah’, semoga penanaman benih ini dapat ditiru oleh rakyat indonesia umumnya dan ikhwan di Hilal Merah Indonesia khususnya. Selain itu menanam juga menjadikan tanah agar lebih produktif lagi, akibat diolah tanah tersebut tidak mudah digadai apalagi sampai ke rentenir,” Jelas Ketua HILMI FPI Kabupaten Sukabumi, Prambudi.

Kegiatan yang dilakukan perdana ini rencananya akan terus di ikhtiarkan oleh DPW HILMI FPI Kabupaten Sukabumi. Selain mengingatkan pentingnya menamam mereka juga mengingatkan akan pentingnya untuk saling berbagi antar sesama.

Sumber : Ketua HILMI FPI Kabupaten Sukabumi, Prambudi, HILMI - FPI



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel