Langsung ke konten utama

Featured Post

Perangi Corona, HILMI - FPI Sulteng Semprot Disinfektan Di Tiga Kelurahan Di Kota Palu

Rabu, 8 April 2020

Faktakini.net, Jakarta - HILAL Merah Indonesia, DPD FPI Sul-teng. rabu tanggal 08/04/2020 DPD HILMI FPI terus bergerak melayani permintaan masyarakat Kota Palu untuk melakukan penyemprotan disinfektan kali ini di Kelurahan Nunu Palu Barat, Kelurahan Lolu Selatan dan Tatura Palu Timur kekawatiran warga akan penyebaran virus COVID-19 sehingga Tim DPD FPI Sulteng harus terus melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah Kota Palu Ibu Kota Propinsi Sulawesi Tengah.

Masuk hari ke-16 para Laskar MADAR Sulteng masih menunjukan semangat juang mereka dan tak kenal lelah untuk memerangi virus COVID-19 walaupun harus berpindah-pindah di 3 Kelurahan, Sekertaris Daerah Ustadz Mahmud Labudu dan Dankodar Ustadz Deny Kurniawan masih tetap dalam satu komando untuk mendampingi para Laskar MADAR Sulteng.

Sumber: Sekda DPD FPI Sulawesi Tangah Mahmud Labudu.


Mengenal Avigan Dan Klorokuin, Bolehkah Diujicoba Pada Rakyat Korban Corona?


Sabtu, 21 Maret 2020

Faktakini.net

*BOLEHKAH JOKOWI UJI COBA OBAT PADA RAKYAT ⁉*


*_"Sebelum menjawab ttg bolehkah Pemerintah Indonesia UJI COBA AVIGAN & KLOROKUIN pada PASIEN CORONA di Indonesia, maka kita perlu kenal terlebih dahulu apa itu AVIGAN & KLOROKUIN."_*

         
*AVIGAN*

*AVIGAN* atau Favipiravir adalah obat *ANTI VIRUS* dari Jepang yg dikembangkan oleh perusahaan Fujifilm Toyama Chemical, utk mengobati *Virus INFLUENZA* atau *FLU JEPANG*.

*AVIGAN* scr khusus dibuat utk mengobati Virus RNA. Sementara Virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19 (Corona) memang memiliki materi genetik utama RNA.

Sejak awal Tahun 2020, telah dilakukan *EKSPERIMENT AVIGAN pada MANUSIA*, yaitu *"UJI COBA AVIGAN thd 340 pasien VIRUS CORONA"* di Wuhan & Shenzhen - *CHINA*. Hasilnya sbb :

1. Dlm 4 hari setengah pasien menunjukkan hasil *NEGATIF CORONA*, sdg setengah lagi lebih dari empat hari.

2. Memperpendek durasi demam pasien, dari rata-rata 4,2 hari menjadi 2,5 hari.

3. Dg *AVIGAN* kondisi paru meningkat 91 persen, sdg dg *NON AVIGAN* kualitas paru meningkat hanya 62 persen.

Sementara *EFEK NEGATIF* penggunaan *AVIGAN utk Pasien CORONA* belum lagi dirincikan.

Krnnya, *AVIGAN* masih dlm tahapan *UJI COBA*, dan masih perlu waktu utk dinyatakan sbg *OBAT CORONA*, namun setidaknya memberi *HARAPAN*.


*KLOROKUIN*

*KLOROKUIN FOSFAT* (Chloroquine Phosphate) merupakan senyawa sintetis (kimiawi) yang memiliki struktur sama dengan Quinine Sulfate. Dan Quinine Sulfate berasal dari ekstrak kulit batang pohon *KINA*, yang selama ini juga menjadi obat bagi pasien *MALARIA*.

*KLOROKUIN* memang jadi salah satu senyawa yang dianggap sebagai *KANDIDAT Anti Virus Corona* dan telah diteliti oleh Wuhan Institute of Virology dari Chinese Academy of Sciences di *CHINA* dan dipublikasikan dalam jurnal Nature.

Di penelitian awal, dilakukan *UJI COBA KLOROKUIN pada HEWAN KERA*. Hasilnya sbb :

1. Mampu menghambat kemampuan virus baru untuk menginfeksi dan tumbuh di dalam sel.

2. Mampu memblokir infeksi virus dengan mengganggu kemampuan beberapa virus, termasuk SARS-Cov-2 untuk memasuki sel.

3. Mampu membantu sistem kekebalan tubuh melawan virus tanpa jenis reaksi berlebihan yg dapat menyebabkan kegagalan organ.

Krnnya, masih perlu serangkaian *UJI KLINIS* yg panjang untuk  dapat menetapkan *KLOROKUIN* sebagai obat untuk melawan *VIRUS CORONA pada MANUSIA*.


*KESIMPULAN*

*AVIGAN & KLOROKUIN* belum resmi dinyatakan sbg *OBAT CORONA*, tapi masih dalam tahap *UJI COBA*.

Jadi, jika Pemerintah Indonesia ingin *UJI COBAh AVIGAN & KLOROKUIN* utk mengobati pasien *VIRUS CORONA* di Indonesia, maka boleh saja, tapi harus ikut *PROSEDUR EKSPERIMENT KEDOKTERAN INTERNASIONAL* yg telah baku dan diakui *WHO*, shg tdk boleh *SEMBARANGAN & SERAMPANGAN*.

Para Dokter pun tidak boleh scr sembarangan menggunakan *AVIGAN & KLOROKUIN* kepada Pasien *CORONA*, tanpa lewat *PROSEDUR UJI KLINIS* yg standar dan diakui *WHO*, agar tidak terjebak dalam *MALA PRAKTEK* yg Ilegal.

Para Ilmuwan Kedokteran Indonesia, baik Dokter mau pun Ahli Farmasi dan lainnya *WAJIB* didorong utk melakukan *PENELITIAN & UJI KLINIS* utk menemukan *VAKSIN VIRUS CORONA* melalui jalur penelitian yg benar & standar.

Insya Allah, secepatnya Indonesia akan menemukan *VAKSIN CORONA*, dan secepatnya pula *WABAH CORONA* berakhir di seluruh Dunia. Aamiiin.


*Disarikan & Dianalisa dari :*

http://m.dreamers.id/lifestyle/article/87097/

 *dan dari berbagai sumber.*

Foto: Ilustrasi

Postingan populer dari blog ini

Para Mahasiswa Papua Datangi Markas Laskar FPI Kota Malang Minta Perlindungan

Rabu, 21 Agustus 2019
Faktakini.net, Jakarta - Yaqub bersama para Pelajar dan Mahasiswa dari Papua mendatangi Markas FPI Kota Malang guna meminta pengamanan. Yakub dan para pelajar Papua mengaku sudah sangat putus asa, khawatir atas keselamatan mereka, usai insiden bendera Merah Putih dibuang ke selokan di Surabaya yang berujung penangkapan 43 Mahasiswa Papua dan kemudian terjadi kerusuhan di Papua dan Papua Barat, Senin (19/8/2019).
Andre Aston Wali Laskar LPI Kota Malang dengan senang hati menerima Kedatangan mereka dan memberikan pengamanan.
Andre meminta para pelajar agar tetap bersekolah dan kuliah di kota Malang, dan FPI kota Malang siap melindungi mereka.
"Sesuai dengan instruksi Panglima Besar LPI (Ustadz Maman Suryadi), diketahui oleh Imam Besar (Habib Rizieq Shihab), kami melindungi orang-orang Papua yang ada di Malang, kami melindungi orang-orang Papua yang sedang belajar di kota Malang. Jadi kalau ada gangguan segala macam, tidak sempat lapor ke pihak (aparat), l…

Keluarga Besar Mbah Maimoen Silaturahmi Ke Kediaman Habib Rizieq Di Mekkah

Kamis, 8 Agustus 2019

Faktakini.net, Mekkah - Pada hari ini, Kamis 7 Dzulhijjah 1440 H atau 8 Agustus 2019, keluarga besar Allahyarham KH Maimoen Zubair silaturahim ke kediaman Habib Rizieq Shihab di Makkah Al Mukarramah, Saudi Arabia.
Kedatangan tamu istimewa ini disambut dengan hangat oleh Habib Rizieq Shihab dan menantu beliau Habib Hanif bin Abdurrahman Alatas.
Habib Hanif menyatakan, "Hari ini di Makkah, Kamis 7 Dzulhijjah 1440 H. Silaturahmi keluarga Besar KH Maemoen Zubair ( Gus Majid, Gus Taj Yasin, Gus Rouf, Gus Zuhrul Anam dkl )  ke kediaman alwalid Habib Rizieq Shihab di Mekkah, mudah-mudahan memperkuat silaturahmi dan ukhuwwah ditengah Muslimin di Indonesia dan kita mendapatkan keberkahan almarhum serta bisa meneladani Ilmu dan akhlaq Hadhrotussyekh KH Maemoen Zubair. Amiiin ya Robbal Alamin."
Sebagaimana diketahui, KH Maimoen Zubair baru saja meninggal dunia di Mekkah, hari Selasa 6 Agustus 2019 sekitar pukul 04.17 waktu Saudi dan langsung dimakamkan hari itu…

Bukan Level Indonesia Lagi, Anies Resmi Masuk 20 Besar Tokoh Dunia!

Rabu, 24 Juli 2019

Faktakini.net, Jakarta - Sudah sejak lama masyarakat internasional mengagumi Gubernur DKI Anies Baswedan. Ketokohan dan kemimpinan Anies itu skalanya sudah bukan nasional atau Indonesia lagi, tapi sudah termasuk tokoh dunia.

Sejak tahun 2010, Anies telah terpilih sebagai satu dari 20 tokoh yang membawa perubahan dunia untuk 20 tahun mendatang oleh majalah Foresight yang terbit di Jepang akhir April 2010.

Dalam edisi khusus yang berjudul '20 Orang 20 Tahun', itu Foresight mengulas 20 tokoh yang diperkirakan bakal menjadi perhatian global karena mereka akan sangat berperan dalam perubahan dunia dua dekade mendatang.

Nama Anies yang saat itu masih menjadi Rektor Universitas Paramadina itu dicantumkan bersama 19 tokoh dunia lain seperti Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin, Presiden Venezuela Hugo Chavez, Menlu Inggris David Miliband, anggota Parlemen dan Sekjen Indian National Congress India Rahul Gandhi, serta politisi muda Partai Republik dan anggota House o…