Langsung ke konten utama

Featured Post

(Video) Disemprot Disinfektan FPI, Gereja Immanuel Rorotan: Terima Kasih FPI, Kita Bersaudara Dalam Pancasila

Senin, 6 April 2020

Faktakini.net, Jakarta - Penyebaran virus Covid-19 alias Corona yang berasal dari Wuhan, Cina terus meluas ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Setiap hari, jumlah korban di Indonesia terus bertambah dan update hingga hari Ahad (5/4/2020) pukul 15:45 WIB,
Terkonfirmasi COVID-19: 2.273
Sembuh (Positif COVID-19): 164
Meninggal (Positif COVID-19): 198.

Karena itu Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab menginstruksikan seluruh jajaran FPI agar turut mencegah penyebaran virus Corona.

Hingga kini, FPI menjadi Ormas terdepan dan terbanyak dalam melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai daerah untuk memutus mata rantai penyebaran Corona, termasuk yang dilakukan oleh DPC FPI Cilincing yang aktif melakukan penyemprotan disinfektan di wilayahnya.

Melihat sigapnya para Relawan FPI Cilincing melakukan penyemprotan di berbagai fasilitas umum dan rumah warga, atas permintaan pihak Gereja dan pihak terkait, maka DPC FPI Cilincing kemudian juga melakukan…

7 Kasus Pelecehan Seksual Terbesar Gereja Katolik



Rabu, 18 Desember 2019

Faktakini.net, Jakarta - Vatikan sedang terguncang oleh derasnya laporan pelecehan seksual yang dilakukan oleh pejabat tinggi Gereja Katolik. Pelecehan seksual yang dilakukan kardinal, pastor, uskup, dan para pembantunya terjadi di benua Asia, Australia, Eropa, dan Amerika.

Paus Fransiskus telah berupaya mengatasi masalah ini dengan mengizinkan dilakukannya investigasi. Paus pun berjanji akan melakukan langkah pencegahan agar tindak kejahatan ini tidak terulang lagi.

“Dengan rasa malu dan pertobatan, kami mengakui sebagai komunitas gerejawi bahwa kami tidak berada di tempat yang seharusnya, bahwa kami tidak bertindak tepat waktu, menyadari besarnya dan beratnya kerusakan yang terjadi pada begitu banyak kehidupan,” kata Paus Fransiskus dalam suratnya.

Berikut 7 kasus pelecehan seksual gereja Katolik di masa lalu:

1. Australia

Gereja Katolik Roma di Victoria, Australia, merilis pengakuan catatan kasus pelecehan seksual terhadap anak. Gereja mengakui ada lebih dari 600 anak telah menjadi korban oleh para imam sejak tahun 1930-an.

Gereja mencatat, 620 kasus terjadi pada 1960-an dan 1980-an. Saat ini masih ada 45 kasus dalam penyelidikan oleh parlemen. Kelompok pengkapanye kasus pelecehan seksual anak-anak oleh imam Katolik telah mendata jumlah korban dengan jauh lebih besar, mencapai 10 ribu anak.

Jumlah ini baru terjadi di Victoria. Kasus pelecehan seksual anak-anak merupakan isu terbesar di Australia beberapa tahun terakhir.

2. Amerika Serikat

Ribuan anak-anak selama lebih dari 70 tahun, telah menjadi korban pelecehan seksual oleh sejumlah pemimpin gereja Katolik Roma, di Pennsylvania, Amerika Serikat.

Jaksa Agung Pennsylvania, Josh Shapiro, dalam laporannya mengutip 301 imam, telah melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak. Total anak-anak yang dilecehkan diperkirakan mencapai ribuan karena beberapa catatan rahasia gereja hilang dan korban takut untuk datang.

“Para imam memperkosa anak lelaki dan perempuan. Mereka menyembunyikannya selama beberapa dekade dan mengajarkan kepada anak-anak bahwa pelecehan tidak hanya normal, tetapi itu juga hal yang suci,” kata Shapiro.

3. Irlandia

Pemerintah Irlandia telah melakukan penelitian atas dugaan adanya kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak oleh gereja Katolik. Dalam laporan penelitian disebutkan, penyidik telah menganalisis DNA dari jasad korban yang dipilih.

Hasil penelitian menemukan adanya kematian korban berkisar dari usia 35 minggu sampai 3 tahun, dan dimakamkan pada 1950-an. Kelompok Survivors of Mother and Baby Homes, mencatat sebanyak 796 bayi dan anak-anak meninggal di panti asuhan, Rumah Tuam, yang dikelola gereja Katolik, sebagian besar korban meninggal selama tahun 1950-an.

 4. Jerman

Gereja Katolik Jerman, menyatakan ada 3.766 kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak oleh pendeta antara 1946 – 2014. CNN melansir terdapat 1.670 pelayan agama terlibat dalam pelanggaran seksual ini. Laporan ini mengatakan para korban kebanyakan adalah anak laki-laki, dan lebih dari setengahnya berusia 13 tahun ke bawah.

Laporan yang di susun oeh German Bishop’s Conference dan Universitas Giessen, Heidelberg, dan Mannheim, ini dikerjakan selama empat tahun terakhir dan akan dipublikasikan pada 25 September 2018.

5. Belanda

Surat kabar harian Belanda, NRC melaporkan, lebih dari setengah pastor senior di Belanda, terlibat kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak dengan menutupinya semenjak 1945 hingga 2010. Sebagian besar dari pastor yang diduga terlibat dalam tindak kejahatan ini telah meninggal dan beberapa kasus dianggap sudah kadaluarsa.

 6. India

Uskup di India, Franco Mulakkal, dituduh telah melakukan perkosaan pada seorang biarawati berkali-kali selama dua tahun, mulai Mei 2004. Korban telah mengirimkan surat kepada Paus Francis, untuk menuntut supaya adanya tindakan terhadap Mulakkal.

Koordinator Dewan Selamatkan Biarawati Kami, Augustine Vattoli, melakukan aksi unjuk rasa untuk menuntut keadilan bagi biarawati korban perkosaan di Kochi, India. Aksi protes ini, tidak akan berhenti hingga pelaku dibawa ke meja hukum.

7. Chile

Dikutip dari theguardian.com pada Kamis, 20 September 2018, otoritas Chile menggeledah kantor pusat Gereja Katolik sebagai tindak lanjut investigasi pelecehan seksual yang terjadi di lingkungan gereja. Jaksa Penuntut, Raul Guzm├ín, pada 14 Agustus 2018, mengatakan pihaknya sedang menyidik lebih dari 35 tuduhan pelecehan seksual. Jaksa penuntut di Chile mengatakan anak-anak sekarang lebih aman dan mereka yang menjadi korban akan mendapatkan keadilan.     

Foto: Paus Fransiskus

Sumber: tempo.co

Postingan populer dari blog ini

Para Mahasiswa Papua Datangi Markas Laskar FPI Kota Malang Minta Perlindungan

Rabu, 21 Agustus 2019
Faktakini.net, Jakarta - Yaqub bersama para Pelajar dan Mahasiswa dari Papua mendatangi Markas FPI Kota Malang guna meminta pengamanan. Yakub dan para pelajar Papua mengaku sudah sangat putus asa, khawatir atas keselamatan mereka, usai insiden bendera Merah Putih dibuang ke selokan di Surabaya yang berujung penangkapan 43 Mahasiswa Papua dan kemudian terjadi kerusuhan di Papua dan Papua Barat, Senin (19/8/2019).
Andre Aston Wali Laskar LPI Kota Malang dengan senang hati menerima Kedatangan mereka dan memberikan pengamanan.
Andre meminta para pelajar agar tetap bersekolah dan kuliah di kota Malang, dan FPI kota Malang siap melindungi mereka.
"Sesuai dengan instruksi Panglima Besar LPI (Ustadz Maman Suryadi), diketahui oleh Imam Besar (Habib Rizieq Shihab), kami melindungi orang-orang Papua yang ada di Malang, kami melindungi orang-orang Papua yang sedang belajar di kota Malang. Jadi kalau ada gangguan segala macam, tidak sempat lapor ke pihak (aparat), l…

Keluarga Besar Mbah Maimoen Silaturahmi Ke Kediaman Habib Rizieq Di Mekkah

Kamis, 8 Agustus 2019

Faktakini.net, Mekkah - Pada hari ini, Kamis 7 Dzulhijjah 1440 H atau 8 Agustus 2019, keluarga besar Allahyarham KH Maimoen Zubair silaturahim ke kediaman Habib Rizieq Shihab di Makkah Al Mukarramah, Saudi Arabia.
Kedatangan tamu istimewa ini disambut dengan hangat oleh Habib Rizieq Shihab dan menantu beliau Habib Hanif bin Abdurrahman Alatas.
Habib Hanif menyatakan, "Hari ini di Makkah, Kamis 7 Dzulhijjah 1440 H. Silaturahmi keluarga Besar KH Maemoen Zubair ( Gus Majid, Gus Taj Yasin, Gus Rouf, Gus Zuhrul Anam dkl )  ke kediaman alwalid Habib Rizieq Shihab di Mekkah, mudah-mudahan memperkuat silaturahmi dan ukhuwwah ditengah Muslimin di Indonesia dan kita mendapatkan keberkahan almarhum serta bisa meneladani Ilmu dan akhlaq Hadhrotussyekh KH Maemoen Zubair. Amiiin ya Robbal Alamin."
Sebagaimana diketahui, KH Maimoen Zubair baru saja meninggal dunia di Mekkah, hari Selasa 6 Agustus 2019 sekitar pukul 04.17 waktu Saudi dan langsung dimakamkan hari itu…

Bukan Level Indonesia Lagi, Anies Resmi Masuk 20 Besar Tokoh Dunia!

Rabu, 24 Juli 2019

Faktakini.net, Jakarta - Sudah sejak lama masyarakat internasional mengagumi Gubernur DKI Anies Baswedan. Ketokohan dan kemimpinan Anies itu skalanya sudah bukan nasional atau Indonesia lagi, tapi sudah termasuk tokoh dunia.

Sejak tahun 2010, Anies telah terpilih sebagai satu dari 20 tokoh yang membawa perubahan dunia untuk 20 tahun mendatang oleh majalah Foresight yang terbit di Jepang akhir April 2010.

Dalam edisi khusus yang berjudul '20 Orang 20 Tahun', itu Foresight mengulas 20 tokoh yang diperkirakan bakal menjadi perhatian global karena mereka akan sangat berperan dalam perubahan dunia dua dekade mendatang.

Nama Anies yang saat itu masih menjadi Rektor Universitas Paramadina itu dicantumkan bersama 19 tokoh dunia lain seperti Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin, Presiden Venezuela Hugo Chavez, Menlu Inggris David Miliband, anggota Parlemen dan Sekjen Indian National Congress India Rahul Gandhi, serta politisi muda Partai Republik dan anggota House o…