Langsung ke konten utama

Featured Post

IB Habib Rizieq Shihab Berkunjung Ke Rubat Habib Zein Bin Ibrahim Bin Smith Di Madinah

Selasa, 29 September 2020

Faktakini.net

*IB HRS BERKUNJUNG KE RUBAT HABIB ZEIN BIN SMITH*

https://youtu.be/O9xno9CGOwc
https://youtu.be/O9xno9CGOwc
https://youtu.be/O9xno9CGOwc

Agenda IB HRS Hari ini adalah Berkunjung ke Rubat Habib Zein bin Smith di Madinah, beliau adalah menantu dari Al Habib Muhammad bin Abdullah Al Haddar, Selain bermantukan Habib Zein bin Smith, Al Habib Muhammad bin Abdullah Al Haddar juga mertua dari Habib Umar bin Hafidz Tarim.

Rubat Habib Zein bin Smith adalah salah satu pondok yang sering di datangi IB HRS saat kuliah di Arab Saudi untuk menimba ilmu agama.


*PEDULI MEDIA DAKWAH FPI :*
Bank Syariah Mandiri (Kode 451)
No. Rek 720-161-1045
a.n FPI REK MEDIA

═════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═════

Subscribe / Berlangganan di channel /kanal YouTube resmi Front TV:
www.youtube.com/c/fronttv

Kunjungi Website / Laman Resmi FPI :
www.fpi-online.com
www.front-tv.net

Video Hoax "Bom Bunuh Diri Dekat Ka'bah" Selalu Diviralkan Oknum

Sabtu, 8 Juni 2019

Faktakini.net

Sebuah video yang dinarasikan sebagai serangan bom bunuh diri disebarkan oleh Halaman Facebook Dakwah Harian.

Video berdurasi 39 detik itu menampilkan bercak darah di dekat Hajar Aswad Ka’bah dan ditonton oleh umat Muslim yang sedang beribadah. Terdengar pula suara pria di video yang menjelaskan insiden itu dalam bahasa Arab.

“Ka'bah diserang bom bunuh diri. Tapi janji Allah itu pasti. Hanya pengebom seorang diri yang mati,” tulis Dakwah Harian dalam narasinya.

Video itu segera menjadi viral setelah dibagikan 9,4 ribu kali.

Selain Dakwah Harian, video tersebut juga banyak dibagikan oleh akun-akun lain di Facebook dan YouTube.
Salah satu akun di YouTube yang menyebarkan video ini adalah channel Moeslimchoice TV pada tanggal yang sama.

Channel tersebut memberikan teks tambahan di dalam video dengan narasi “4 jam yang lalu terjadi bom bunuh diri di depan BAITULLAH. Hanya yang bawa bom yang hancur dan tak ada korban di pihak lain. Maha Besar Allah swt yang menjaga keselamatan hambanya.”

Video itu pun telah ditonton 34.476 kali hingga 31 Mei 2019.

Benarkah ada bom bunuh diri di depan Baitullah?

PEMERIKSAAN FAKTA

Video yang beredar sepekan ini di media sosial, sebenarnya telah banyak beredar sebelumnya di YouTube.

Akun Nashikkar Moin pathan, misalnya, mengunggah video yang berkonten sama dengan narasi berbeda pada 11 September 2017.

Video itu diberi judul “Accident happened in haram shareef at Hajr E Aswad”. Video tersebut telah ditonton lebih dari 2 juta kali hingga hari ini.

Menurut situs berita Gulf News edisi 1 Oktober 2017, pasukan khusus untuk keamanan Masjidil Haram di Mekkah telah membantah laporan tentang insiden di sebelah Ka’bah tersebut.

Menurut Sameh Al Selmi, juru bicara pasukan khusus tersebut, bahwa video tersebut adalah video lama yang diedarkan kembali di medsos.

"Ini adalah foto lama dan diambil setelah seorang peziarah Afrika berusia 50-an terluka di kakinya setelah ia terpeleset ketika kerumunan besar mengelilingi Ka'bah," katanya.

Menurut Sameh Al Selmi, warga Afrika yang terluka tersebut diberi perawatan pertolongan pertama di tempat itu sebelum dia dibawa ke Rumah Sakit Ajyah.

Situs detik.com pernah memberitakan mengenai video viral tersebut pada Minggu, 1 Oktober 2017.

Saat itu informasi mengenai hal itu tersebar dalam pesan berantai pada aplikasi perpesanan WhatsApp. Berikut ini link berita detik saat itu: https://bit.ly/2EHqO35

Pada tahun itu, 2017, ditelusuri dari sejumlah pemberitaan media Arab Saudi seperti Okaz. Media itu membuat penjelasan tentang video tersebut yang juga ramai beredar di Saudi.

Media Saudi ketika itu menuliskan pihak pengamanan Masjidil Haram menyebut video yang beredar tentang ceceran darah di depan Hajar Aswad, Ka'bah, Masjidil Haram, adalah gambar lama.

Jubir pasukan pengaman Masjidil Haram, Mayor Sameh Al Salami, mengatakan gambar darah yang berceceran di lokasi Tawaf sekitar Hajar Aswad dan beredar di medsos video insiden seorang jemaah asal Afrika berusia sekitar 50 tahun yang terpeleset dan jatuh.

Jemaah itu kemudian mengalami luka-luka pada kakinya. Sesaat setelah kejadian pihak pengamanan Masjidil Haram langsung mendatangkan ambulans dan melarikan jemaah tersebut ke Rumah Sakit Ajyah untuk mendapatkan perawatan yang semestinya.

KESIMPULAN

Video viral tersebut sebenarnya adalah peristiwa lama yang kemudian diedarkan kembali. Pertama pada September 2017 dan akhir Mei 2019 dengan narasi bahwa darah yang berlumuran di dekat Ka’bah itu berasal dari  seseorang yang melakukan bom bunuh diri.

Postingan populer dari blog ini

Kerap Hina Habib Rizieq Dan Anies, Saat Sakit Hingga Meninggal Anies Yang Mengurusnya

Senin, 13 April 2020

Faktakini.net

Hari ini saya harus ucapkan terimaa kasih kepada senior saya abangda Lukman Hakiem yang mantan anggota DPR dan penasihat ahli Wapres Hamzah Haz serta staf perdana menteri M Natsir... Beliau dengan lapang hati meminta bantuan langsung kepada Gubenur DKI Anies Baswedan atas segala kendala selama senior saya AE Priyono di rawat di rumah sakit, mulai dari pemintaan tes swab corona hingga pencarian rumah sakit, hingga proses pemakaman.

''Saya terima kasih kepada Anies Baswedan yang merespons WA saya dengan cepat soal perawatan kepada sahabat saya AE Priyono. Begitu saya WA dan telepon, langsung Anies mengerahkan tenaga medis ke AE Priyono.

Bahkan ketika saya kabari bila AE wafat, Anies langsung respons dengan mengatakan bantuan apalagi yang masih bisa dilakukan? Saya jawab dengan minta agar bantu soal pemakamannya. Anies jawab Okey. Di situ Saya terharu,'' katanya.

Mengapa terharu? Abangda Lukman mengatakan karena dia tahu AE Priyono seri…

Video Langka NBC Tahun 1967: Inilah Orang-Orang PKI Pembunuh Para Jendral!

Sabtu, 26 September 2020

Faktakini.net, Jakarta - Dalam laporan khusus NBC News (media Amerika Serikat) tahun 1967 ini, koresponden Ted Yates meliput perjuangan politik, sosial dan ekonomi Indonesia, satu dari negara Asia Tenggara yang baru saja mengalami upaya kudeta. Film Dokumenter ini merupakan satu bagian dari trilogi yang diproduksi oleh Yates.

Klik video:


Bikin Resah Umat Islam, Penyebar 'Nasi Anjing' Di Bulan Ramadhan Diamankan Polisi

Ahad, 26 April 2020

Faktakini.net, Jakarta - Di tengah kesucian bulan Ramadhan, ada saja ulah yang dilakukan oleh sekelompok orang yang meresahkan umat Islam.

Kelompok tersebut membagikan nasi bungkus yang mereka beri nama "nasi anjing", walaupun kemudian ternyata menurut pengakuan mereka, tidak ada daging anjing dalam menu yang mereka bagikan.

Entah tujuannya untuk mencari sensasi atau bagaimana, ulah mereka jelas meresahkan umat Islam, karena daging anjing diharamkan oleh umat Islam.

Jumhur ulama menghukumi daging anjing haram untuk dimakan, meski disembelih secara syariat.

Alasannya, anjing termasuk dalam binatang bertaring yang keharamannya jelas. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Idris al-Khaulani dari Abi Tha'labah al-Khusyani, "Sesungguhnya Rasulullah SAW melarang memakan setiap binatang buas yang bertaring." (Muttafaq 'Alaih)

Dalam hadis lain, dari Ubaidah bin Sufyan dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Memakan setiap …